Inovasi komunikasi korporasi di masa pandemi

Inovasi komunikasi korporasi di masa pandemi

Ilustrasi (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Pandemi juga memberikan tantangan untuk korporasi yang harus berinovasi soal komunikasi. Director Senior Consultant Inke Maris and Associates- Strategic Communications Consultant, Widyaretna Buenastuti, dalam berkomunikasi di tengah kenormalan baru, korporasi harus terhubung dengan audiens dan menyampaikan pesan konsisten.

"Analisa permasalahan, lakukan analisa SWOT (strengths, weakness, opportunities, threats) untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam suatu isu," kata Widya dalam webinar, Selasa.

Selanjutnya, tentukan tujuan program komunikasi yang realistis dan tepat sasaran. Lalu buat pemetaan pendekatan yang feasible dan proaktif dalam mencapai perubahan yang diharapkan, kemudian identifikasi kelompok masyarakat yang disasar.

Langkah berikutnya adalah menyusun pesan komunikasi yang jelas dan konsisten dalam mencapai hasil yang diinginkan. Lalu, implementasikan program komunikasi dan advokasi yang sesuai, berikut evaluasi berkala untuk mengukur efektivitas program komunikasi yang dijalankan.

Agar tetap relevan, jadilah yang terdepan dalam diskusi mengenai isu terkini di industri dan elaborasi peran dalam menangani isu tersebut. Gunakan juga komunikasi terintegrasi dan kanal-kanal yang bervariasi untuk menjangkau lebih banyak sasaran, seperti Instagram Live, TikTok Challenge hingga pemengaruh. Selanjutnya, ketika ada perubahan situasi, ubahlah pesan agar tetap relevan. Contohnya adalah Nike yang langsung mengusung pesan baru "Play inside, play for the world" ketika pandemi melanda.

Dalam webinar yang sama, Head External Communication & Stakeholder Relation PT Kalbe Farma Tbk., Hari Nugroho, memaparkan beberapa inisiatif yang dilakukan selama pandemi, salah satunya merespons dengan memperkuat layanan digital kesehatan seperti KlikDokter hingga menyediakan produk antivirus dan kuratif untuk COVID-19, layanan diagnostik dan layanan tes, uji klinis vaksin, anti infeksi dan imunomodulator serta vitamin.

"Kami juga melanjutkan strategi pertumbuhan masa depan di bidang bioteknologi, imunoonkologi dan genomik."

Baca juga: Perlunya strategi komunikasi tersegmentasi untuk kurangi angka perokok

Baca juga: Strategi komunikasi via digital bantu IRC berinovasi selama pandemi

Baca juga: Erick Thohir siapkan strategi komunikasi publik soal vaksin COVID-19

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

MGPA pastikan Sirkuit Mandalika siap jalani tes pramusim MotoGP 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar