Berdayakan UMKM, Bukalapak kenalkan fitur BukaSend

Berdayakan UMKM, Bukalapak kenalkan fitur BukaSend

Diskusi daring bersama Bukalapak (ANTARA/tangkapan layar)

Jakarta (ANTARA) - Bukalapak memperkenalkan fitur BukaSend kepada UMKM agar dapat menjadi agen pengiriman barang untuk sejumlah jasa penyedia logistik di Indonesia.

"Melalui fitur BukaSend ini kami mau memberdayakan UMKM, karena kami merasa bahwa ini adalah salah satu fitur dimana UMKM tidak perlu mengeluarkan modal tambahan namun mereka bisa langsung melayani berbagai layanan, termasuk layanan logistik ini," kata Victor Lesmana selaku President Commerce & Fintech Bukalapak saat diskusi daring, Selasa.

Beberapa layanan logistik yang bekerja sama dengan Bukalapak diantaranya seperti SiCepat Ekspres, J&T Ekspress, Lion Parcel, Ninja Xpress, Anteraja, dan Grab. Sejak diluncurkan di aplikasi Mitra Bukalapak, jumlah agen BukaSend dikabarkan telah mencapai lebih dari 12 ribu dan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Fitur agen BukaSend ini diharapkan dapat membantu para Mitra Bukalapak untuk mengembangkan bisnisnya sekaligus mendapat penghasilan tambahan. Fitur baru ini juga memberikan solusi bagi penyedia jasa logistik untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan di berbagai pelosok tanah air melalui titik-titik penjemputan barang yang disediakan oleh para Mitra Bukalapak.

“Situasi pandemi telah mendorong perkembangan industri e-commerce sebagai sarana masyarakat Indonesia memenuhi berbagai kebutuhan. Seiring dengan hal tersebut peran teknologi kian besar dalam membantu para pelaku industri logistik menjawab kebutuhan ini dengan lebih efisien," jelas Victor.

"Namun, seiring dengan meningkatnya penetrasi internet di Indonesia dan semakin pesatnya pengembangan infrastruktur oleh pemerintah, menyediakan titik-titik pengambilan barang offline dalam jumlah besar telah menjadi salah satu tantangan utama bagi pelaku bisnis logistik Indonesia. Namun, kami menyadari bahwa tantangan ini bisa diselesaikan dengan memanfaatkan warung sebagai titik penghubung," sambungnya.

Dengan menjadi agen BukaSend, Victro menjelaskan bahwa para Mitra Bukalapak membantu menghubungkan para penyedia jasa logistik rekanan BukaSend ke jutaan titik penjemputan barang tanpa harus berinvestasi dalam jumlah besar untuk menyediakan gudang dan multi transportasi.

Di sisi lain, Victor menambahkan bahwa para Mitra Bukalapak yang menjadi agen BukaSend juga dapat meraih penghasilan tambahan dari layanan ini.

Baca juga: Bukalapak luncurkan aplikasi BukuMitra untuk bantu pembukuan UMKM

Baca juga: Kemenkop UKM dan Bukalapak buat program pemulihan ekonomi nasional

Baca juga: Dana hasil IPO Mitratel berpotensi lampaui Bukalapak


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cara daftar jadi mitra pemerintah di Kartu Prakerja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar