Maria Sharapova kenakan gaun dari botol air mineral

Maria Sharapova kenakan gaun dari botol air mineral

Petenis Maria Sharapova mengenakan gaun dari botol bekas air mineral rancangan Iris van Herpen. (Vogue/Mike Marsland)

Jakarta (ANTARA) - Maria Sharapova menggabungkan "high fashion" dengan fesyen berkelanjutan di acara penghargaan fesyen pada Senin (29/11) waktu setempat di London.

Sang juara tenis menghadiri upacara penghargaan tahunan itu dengan mengenakan gaun khusus hasil kolaborasi perancang busana Iris van Herpen dengan produsen air mineral Evian.

"Hal terbaik dari fesyen adalah banyak hal yang memungkinkan kita melakukan eksperimen dan keluar dari zona nyaman untuk mencoba sesuatu yang baru dan lebih baik," ujar Sharapova dikutip dari laman Vogue, Selasa.

Baca juga: Re:Style, fesyen berkelanjutan dari limbah mobil

Gaun berkelanjutan, bernama "Mimesis," dirancang dengan kain yang terbuat dari botol Evian daur ulang dan sutra organik dan memberikan tampilan tiga dimensi serupa dengan air mengalir.

“Mendesain gaun adibusana dengan kain yang dibuat dari botol Evian telah memungkinkan kami untuk bergabung dan menciptakan pakaian yang menakjubkan yang bertujuan untuk menginspirasi dan mendorong daur ulang plastik," ujar van Herpen dalam keterangannya dikutip dari laman WWD.

"Saya berharap gaun ini akan membentuk persepsi orang tentang daur ulang dengan memperkuat berbagai bentuk siklus hidup produk, menyoroti bahwa kita semua memiliki kekuatan untuk mengubah masa depan kita menjadi lebih baik.”

Gaun itu dirancang melalui teknik pemotongan laser yang canggih, dengan ratusan kelopak kain daur ulang yang ditempatkan dalam pola segitiga dan penampang. Potongan berlapis dan warna biru lembut yang mengintip melalui gaun dimaksudkan untuk meniru pola gelombang dan mewakili air.
Gaun dari botol bekas air mineral rancangan Iris van Herpen. (Vogue/Evian)


"Saat Anda melihat gaun ini dari dekat, Anda akan menghargai tingkat kerajinan tangan yang dituangkan dalam gaun ini," tambah Van Herpen.

Pada 2022 gaun itu akan dipamerkan di acara peluncuran Green Metropolis di Amsterdam, yang merupakan pameran yang didirikan oleh perancang busana dan diproduksi oleh "pakar terkemuka di bidang adibusana, arsitektur, dan alam."

Kolaborasi ini dilakukan saat Evian berusaha mencapai komitmennya untuk membuat semua botol plastiknya terbuat dari 100 persen bahan daur ulang pada tahun 2025.

Baca juga: Pandangan Dian Sastro dan Sejauh Mata Memandang tentang "fast fashion"

Baca juga: "Sustainable fashion" warnai potensi industri fesyen muslim Indonesia

Baca juga: Sustainable Muslim Fashion ISEF 2021 dorong kebangkitan fesyen lokal

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Fesyen dari daur ulang limbah tekstil mulai diminati

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar