Tiga Wakil Indonesia Menang Satu Seri

Tiga Wakil Indonesia Menang Satu Seri

Ilustrasi Kompetisi Catur ( ANTARA/Puspa Perwitasari/mes/11)

Jakarta (ANTARA News) - Tiga tim wakil kota di Indonesia meraih kemenangan pada pertandingan babak kedua kejuaraan catur beregu antar kota-kota se-Asia (Asian Cities) ke-17, namun satu tim wakil Indonesia lainnya Pekanbaru bermain imbang di Jakarta, Sabtu.

Tim Palembang secara mengejutkan mampu menggilas tim kuat asal Filipina Tagatay yang diperkuat para pecatur bergelar Grandmaster (GM) dengan skor 2,5 - 1,5. Palembang yang menurunkan FM Hamdani Rudin mampu menghentikan perlawanan pecatur kelas dunia GM Wesley So, dan Kaisar Jenius Hakiki mengalahkan GM Darwin Laylo.

Namun rekannya MI Tirto hanya bermain remis melawan GM John Paul Gomez, sedangkan MI Taufik Halay harus mengakui keunggulan GM Antonio Rogelio Jr.

"Ini kejutan saya bisa mengalahkan Wesley So yang punya elo rating 2667, dia saat ini merupakan pecatur yang muda yang sedang bersinar," kata Hamdani Rudin seusai pertandingan babak kedua, Sabtu.

"Dia melakukan kesalahan pada langkah 27 dia lemah sehingga dia krisis waktu dan ini yang saya manfaatkan, sebetulnya kami bermain seri, tapi ini keuntungan bagi saya," tambahnya.

Tim wakil Indonesia lainnya, Jakarta yang diperkuat GM Susanto Megaranto, GM Cerdas Barus, MI Dede Liu, dan MI Tirta Chandra Purnama masih terlalu kuat bagi lawannya tim wakil Australia Sydney dengan kemenangan 3-1.

Sedangkan Tarakan yang pada pertandingan babak pertama, Jumat, kalah dari tim Filipina Tagatay, pada babak kedua ini, Sabtu. meraih kemenangan dengan mengalahkan tim Hongkong dengan skor 3,5 - 0,5.

Tim Tarakan yang berisikan para pecatur putri Indonesia, pada pertandingan babak kedua ini tidak menurunkan pecatur atlet pelatnas SEA Games 2011 GMW Irene Kharisma Sukandar. Melawan Hongkong, tim Tarakan menurunkan MFW Medina Warda Aulia, MFW Dewi AA Citra, MFW Chelsea Monica Sihite, dan MCW Evi Lindiawati.

Namun tim wakil Indonesia lainnya Pekanbaru cukup bermain seri 2 - 2 melawan wakil negara Uni Emirat Arab (UAE) Sharjah.

Dengan hasil babak kedua itu, maka kini wakil Indonesia tim Palembang berada di posisi tujuh klasemen dengan mengumpulkan 6,5 poin, Jakarta di urutan delapan dengan 6 poin, Tarakan 3,5 poin di posisi ke-13 dan Pekanbaru 3 poin di urutan ke-19.

Sedangkan wakil negara Kazakhstan kota Astana berada di posisi puncak klasemen sementara dengan mengumpulkan 8 poin dengan hasil sempurna dua kali kemenangan 4-0 pada babak pertama dan kedua.

Hingga berita ini diturunkan masih dipertandingan babak ketiga, dimana Palembang menghadapi Astana, Jakarta bertemu Shi Jiazhuang (China), Tarakan melawan Bangalore (India) dan Pekanbaru menghadapi Kathmandu (Nepal).(*)

(T.A020/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

BMKG ingatkan waspadai cuaca ekstrem di Kalteng

Komentar