Kemen-PUPR alokasikan Rp1,7 miliar untuk PSU rumah subsidi Sumsel

Kemen-PUPR alokasikan Rp1,7 miliar untuk PSU rumah subsidi Sumsel

Ilustrasi - Pembangunan PSU (Prasarana, Sarana, dan Utilitas) di perumahan bersubsidi. ANTARA/HO-Ditjen Perumahan Kementerian PUPR

Kami terus mendorong agar pengembang perumahan lebih bersemangat membangun rumah dan masyarakat yang tinggal di perumahan bersubsidi merasakan pembangunan PSU berupa jalan lingkungan yang baik
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran senilai Rp1,7 miliar untuk membangun PSU (Prasarana, Sarana, dan Utilitas) di enam perumahan bersubsidi di Provinsi Sumatera Selatan.

"Kami terus mendorong agar pengembang perumahan lebih bersemangat membangun rumah dan masyarakat yang tinggal di perumahan bersubsidi merasakan pembangunan PSU berupa jalan lingkungan yang baik," kata Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Menurut Khalawi, pembangunan PSU di perumahan subsidi tersebut dinilai tidak kalah dengan fasilitas yang terdapat di perumahan komersial.

Khalawi menerangkan, bantuan PSU merupakan wujud nyata keberpihakan pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di sektor perumahan.

Bantuan PSU yang dilaksanakan Direktorat Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR dilaksanakan di rumah-rumah bersubsidi dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Kami membangun jalan lingkungan di rumah bersubsidi dengan cor yang berkualitas. Kami harap tidak ada lagi rumah bersubsidi yang jalan lingkungannya kurang baik," katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera V Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Ir. A Darwis mengungkapkan, bantuan PSU yang diberikan berupa jalan cor sepanjang 1.361 meter dengan lebar empat meter yang memiliki kualitas yang baik.

Berdasarkan data yang ada di Balai P2P Sumatera V, setidaknya ada enam perumahan bersubsidi yang mendapatkan bantuan PSU.

Perumahan subsidi pertama adalah Perumahan Grand Ville Tabalestari II di Kota Lubuklinggau dengan bantuan PSU jalan sepanjang 204 meter. Kedua adalah Perumahan Adzikro di Kabupaten OKU (PSU jalan 234 meter), ketiga Perumahan Palem Hijau Residence di Kabupaten Musi Banyuasin (PSU Jalan 252 meter).

Selanjutnya yang ke empat adalah Perumahan Griya Lembah Hijau di Kota Palembang (PSU jalan 175 meter). Ke lima adalah Perumahan Bukit Indah Residence di Kabupaten Banyuasin (PSU jalan 200 meter) dan ke enam adalah Perumahan Griya Sematang Sejahtera di Kota Palembang (PSU jalan 296 meter).

"Kami telah menyelesaikan 100 persen seluruh proses pembangunan fisik PSU di enam perumahan tersebut. Kami juga berharap dengan terbangunnya PSU pada Perumahan MBR dapat mewujudkan perumahan yang sehat, aman dan terjangkau," kata Darwis.

Baca juga: PSU di Yalimo dianggarkan Rp36,54 miliar

Baca juga: Kementerian PUPR: 1.067 rumah subsidi di Kalsel dapat bantuan PSU 2021

Baca juga: Kementerian PUPR hibahkan PSU di Banjarbaru senilai Rp1,16 miliar

Baca juga: PUPR salurkan Rp3,6 miliar bangun PSU rumah subsidi di Papua

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polda Papua terjunkan 10 kompi Brimob amankan PSU Yalimo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar