Warga Shizuoka Jepang antusias lihat pertunjukan seni budaya Indonesia

Warga Shizuoka Jepang antusias lihat pertunjukan seni budaya Indonesia

Booth Indonesia menampilkan pertunjukan seni budaya Indonesia dalam acara Waiwai World Fair 2021 yang digelar oleh Pemerintah Kota Shizuoka pada Minggu (28/11). (ANTARA/HO-KBRI Tokyo)

Jakarta (ANTARA) - Warga Shizuoka di Jepang antusias melihat pertunjukan seni budaya Indonesia yang ditampilkan dalam acara Waiwai World Fair 2021 yang digelar oleh Pemerintah Kota Shizuoka pada Minggu (28/11).

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerja sama dengan perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) Shizuoka berpartisipasi dalam Waiwai World Fair (WWF) 2021, demikian menurut keterangan KBRI Tokyo yang diterima di Jakarta, Selasa.

Indonesia, yang secara khusus diundang pada acara tersebut dan diwakili oleh KBRI Tokyo dan PPI Shizuoka, mendirikan booth dan menampilkan beberapa seni budaya nasional.

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi memastikan jelang 65 tahun hubungan bilateral Indonesia–Jepang pada 2023 mendatang, diplomasi seni dan budaya kedua negara akan semakin diperkuat.

"Diplomasi budaya sangat penting dalam penguatan hubungan Indonesia-Jepang yang akan mencapai 65 tahun pada tahun 2023. Hubungan people-to-people menjadi prioritas awal dalam sebuah hubungan bilateral sebelum berkembang dalam sektor lain seperti politik atau ekonomi," kata Heri.

Pada kesempatan itu, dia menjelaskan tentang budaya Tana Toraja Sulawesi Selatan kepada Walikota Shizuoka Nabuhiro Tanabe yang terlihat antusias menyaksikan tarian Tana Toraja dan beragam barang-barang yang dipamerkan di booth Indonesia.

Heri juga mengajak Walikota Nabuhiro Tanabe berkunjung ke Toraja Sulawesi Selatan untuk menyaksikan keindahan alam serta keramahan penduduknya.

Menurut keterangan KBRI Tokyo, warga Jepang di Shizuoka ramai menyambangi booth Indonesia untuk menyaksikan penampilan seni hadrah, tari jaipong dan pencak silat.

Para pengunjung yang datang ke booth Indonesia juga disuguhi minuman teh melati serta camilan khas Indonesia. Pada kesempatan itu, Heri pun melakukan pembicaraan dengan Walikota Shizuoka Nabuhiro Tanabe.

Heri menyarankan kepada walikota Tanabe agar kota Shizuoka membangun kerja sama sister city dengan sejumlah kota di Jawa Barat, seperti Bandung atau Bogor, di mana banyak terdapat investasi Jepang.

Pemerintah kota Shizuoka Jepang setiap tahun menggelar acara Waiwai World Fair (WWF). Festival yang sempat dihentikan pada awal pandemi itu digelar kembali pada 2021 di sepanjang bagian depan kantor walikota Shizuoka.

Selain Indonesia, sejumlah negara lain berpartisipasi dalam festival tersebut, antara lain Nepal, Afrika Selatan, Vietnam, Maroko dan Filipina.

Baca juga: Jabar ekspor mangga gedong gincu ke Shizuoka
Baca juga: Shizuoka University Buka Kantor Cabang di UGM
Baca juga: KBRI Tokyo gelar pameran tenun ikat NTT di Prefektur Aichi

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar