MSC terbitkan buku resep kuliner global produk laut berkelanjutan

MSC terbitkan buku resep kuliner global produk laut berkelanjutan

Buku resep kuliner global produk hasil laut yang dikelola dengan prinsip berkelanjutan MSC mendorong publikasi resep olahan ikan dari berbagai negara, salah satunya melalui buku resep "The Blue Cookbook"" yang diterbitkan MSC. ANTARA/HO-https://www.msc.org.

MSC mendorong publikasi resep olahan ikan dari berbagai negara, salah satunya melalui buku resep "The Blue Cookbook"
Bogor (ANTARA) - Organisasi internasional nirlaba Marine Stewardship Council (MSC) dalam upaya Program Perbaikan Perikanan (Fisheries Improvement Project (FIP) membukukan kumpulan resep kuliner global produk hasil laut yang dikelola dengan prinsip berkelanjutan.

"Selaras dengan teori perubahan yang menyadari peranan semua pihak dalam upaya perbaikan perikanan, termasuk konsumen seafood, MSC mendorong publikasi resep olahan ikan dari berbagai negara," kata Direktur MSC di Indonesia Hirmen Syofyanto kepada ANTARA di Bogor, Jawa Barat, Kamis.

MSC adalah organisasi nirlaba internasional yang menetapkan standar berbasis sains dan diakui secara global terhadap penangkapan ikan serta keterlacakan makanan laut yang berkelanjutan.

Label MSC biru pada produk makanan laut mengartikan bahwa produk berasal melalui perikanan tangkapan alam yang telah disertifikasi secara independen terhadap standar berbasis sains MSC.

Ia menjelaskan MSC mendorong publikasi resep olahan ikan dari berbagai negara, salah satunya melalui buku resep "The Blue Cookbook".

Masakan berbahan produk berkelanjutan yang dipublikasikan tersebut, katanya, tidak hanya menawarkan kelezatan tetapi juga kaya gizi dan sehat, serta baik bagi manusia dan alamnya.

Hirmen Syofyanto menjelaskan pada publikasi 2021, karena Indonesia belum masuk dalam kampanye, maka buku resep itu hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.

Sementara itu Commercial and Communications Officer MSC Indonesia Usmawati Anggita Sakti menambahkan di dalam buku yang sudah dipublikasikan itu belum ada resep olahan ikan dari Indonesia.

Namun, untuk penerbitan selanjutnya, yang akan diterbitkan MSC dengan publikasi bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) resep dari Indonesia akan dihadirkan.

Pihaknya masih mendiskusikan kegiatan publikasinya apakah melaui webinar ataukah bisa diluncurkan buku dimaksud dengan kegiatan luar ruangan (luring).

"Kami masih menunggu konfirmasi," demikian Usmawati Anggita Sakti.

Baca juga: Indonesia gaungkan keberhasilan perikanan penuhi standar global MSC

Baca juga: MSC-KKP luncurkan platform pelatihan perikanan berkelanjutan

Baca juga: Pakar IPB: Standar perikanan MSC harus diimplementasikan "stakeholder"

Baca juga: KKP-MSC sinergi perluas pemasaran hasil perikanan Indonesia


 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bola basket resmi dibuka di Klaster PON XX Mimika

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar