Lawatan saya ke Indonesia baru-baru ini membantu mengeratkan hubungan dengan Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia atau ISWAMI yang telah terjalin sejak 2007
Kuala Lumpur (ANTARA) - Pemerintah Malaysia mengumumkan persetujuannya untuk melanjutkan setiap 29 Mei sebagai momen peringatan Hari Wartawan Nasional (Hawana) yang pertama kali diperingati pada 2018.

"Pemerintah akan terus memberikan dukungan kepada program-program yang sesuai untuk dilaksanakan," ujar Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yakoob saat memberikan sambutan Malam Wartawan Malaysia 2021 yang diselenggarakan Institut Media Malaysia (MPI) di Kuala Lumpur, Selasa.

Ismail menyampaikan selamat kepada MPI karena meneruskan tradisi menyambut Malam Wartawan Malaysia yang sudah dimulai sejak 40 tahun lalu untuk menghargai sumbangan media dan para wartawan negara memiliki karya terpilih, berkualitas dan terbaik.

"Saya mengucapkan terima kasih atas sumbangan dalam bidang kewartawanan. Kepada mereka yang menerima anugerah, saya menyampaikan ucapan selamat," katanya.

Baca juga: Kunjungan PM Ismail Sabri perkuat hubungan media

Ismail menyadari tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dan media pada saat ini.

"Banyak perusahaan media berhadapan dengan teknologi komunikasi terbaru. Jaringan internet dan media sosial telah menyaingi media tradisional sehingga dapat mewarnai semua perkara, termasuk media dan politik," katanya.

Keadaan tersebut, ujar dia, menyebabkan banyak organisasi media yang tidak mampu bertahan malah ada yang terpaksa ditutup karena penjualan surat kabar dan iklan yang semakin merosot.

"Namun saya percaya, media tradisional masih mempunyai tempat dan relevan walaupun menghadapi kehadiran media baru yang bisa diakses melalui gadget, komputer, tablet hingga telepon pintar," katanya.

Dia mengatakan wartawan adalah pahlawan karena ketika negara dan dunia diserang COVID-19 para wartawan berjuang menyediakan informasi berkaitan pandemi ini.

Baca juga: ISWAMI usulkan media center Palestina

Ismail juga mengharapkan jalinan persepahaman antara pemerintah dan media akan terus subur sehingga dapat menjalin kemesraan dengan dunia dan kawasan.

"Lawatan saya ke Indonesia baru-baru ini membantu mengeratkan hubungan dengan Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia atau ISWAMI yang telah terjalin sejak 2007. Saya percaya ISWAMI dapat memainkan peranan penting sebagai jambatan penghubung sesama wartawan kedua negara," katanya.

Dia mengharapkan hubungan media dan wartawan Malaysia bersama rekan-rekan wartawan di negara jiran melalui ASEAN dapat diperkukuh dengan menjadikan ISWAMI sebagai model.

Malam Wartawan Malaysia 2021 dihadiri sejumlah tokoh dan wartawan di Malaysia.

Penyanyi ternama Malaysia Siti Nurhaliza ikut menyumbangkan lagu-lagu pada acara yang diselenggarakan di Hotel Majestic tersebut.

Baca juga: Direktur Utama BERNAMA pimpin ISWAMI Malaysia
 

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021