Jakarta (ANTARA) - Platform mobile e-sports Mobile Premier League (MPL) mengumumkan empat pemain yang berhasil lolos ke babak semifinal turnamen Speed Chess di Piala Presiden e-sports (PPE) 2021, yakni Leo Lucky (25), Kosasih (49), Taufik (20), dan Yunias Yunus (53).

"Kami berhasil menyaring empat pemain terbaik dari lebih dari 40 ribu peserta (40.872). Yang menarik adalah banyak dari peserta yang baru pertama kalinya mengikuti kompetisi e-sports dan berasal dari luar Jawa. Dari sisi usia dan profesi juga sangat beragam; ada yang anak muda hingga pensiunan. Hal ini menunjukkan peningkatan penetrasi e-sports dan potensi pemain di Indonesia," kata Layla Safira Andamawanty, Head of Brand Marketing MPL Indonesia dalam keterangannya pada Rabu.

MPL telah menggelar babak Kualifikasi Semifinal untuk turnamen Speed Chess pada 21 November lalu di mana para pemain TOP 8 diundang ke Jakarta untuk bertanding secara langsung memperebutkan 4 kursi di babak Semifinal.

Baca juga: Baim Wong belajar catur dari Chelsie Monica

Baca juga: "Piala Presiden eSports 2021" menarik minat lebih dari 40.000 peserta


Pertandingan tersebut telah disiarkan secara live melalui YouTube MPL Indonesia dan turut diramaikan oleh dua orang Grandmaster (GM) catur Indonesia sebagai caster (komentator), yaitu Susanto Megaranto dan Chelsie Monica.

Grandmaster Susanto Megaranto mengatakan senang terlibat dalam turnamen ini. "Meskipun olahraga catur sudah sangat dikenal oleh masyarakat, kenyataannya tidak banyak yang menekuninya secara serius dan menjadi atlet catur profesional.

Turnamen-turnamen catur seperti yang digelar MPL ini sangat penting perannya dalam membantu menemukan dan menumbuhkan bakat-bakat catur baru di Indonesia. Adanya game catur online seperti Speed Chess juga semakin memudahkan kita untuk berlatih menghadapi lawan-lawan yang jauh lebih kuat."

Grandmaster Chelsie Monica juga mengungkapkan antusiasmenya dalam berperan sebagai caster di babak semi final turnamen Speed Chess.

“Selain bertanding dengan orang lain, kita juga bisa melatih kemampuan bermain catur dengan mengamati pertandingan catur orang lain. Karena itu saya selalu senang kalau ada kesempatan menjadi caster karena saya selalu dapat pengetahuan dan inspirasi baru. Di pertandingan Kualifikasi Semifinal ini karena meskipun bukan pemain profesional, mereka memiliki bakat dan karakteristik tersendiri dengan skill strategi yang tidak main-main," kata dia.

Pencarian Master Speed Chess MPL di PPE 2021 merupakan bagian dari kampanye #BuktiinLoBisa yang belum lama ini diluncurkan oleh MPL. Melalui kampanye ini, MPL ingin mengajak pengguna untuk tidak hanya bermain, tapi juga terus berlatih dan bertanding lewat berbagai turnamen yang tersedia setiap hari sampai mereka bisa menjadi master di game favorit mereka di platform MPL dan memenangkan reward.

Baca juga: Baim Wong ajak main e-sports rayakan Haornas

Baca juga: Baim Wong ajak gali potensi diri lewat kampanye #BuktiinLoBisa

Baca juga: Kiat Baim Wong usir kejenuhan saat pandemi COVID-19

 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021