Jakarta (ANTARA) - Mencari hunian idaman bisa dibilang gampang-gampang susah, setidaknya ada beberapa faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah.

Sebelum salah mengambil keputusan dalam membeli rumah atau apartemen, perhatikan enam faktor utama yang layak dipertimbangkan sebagai tolok ukur untuk mencari hunian impian, dikutip dari siaran resmi Pinhome pada Selasa.

1. Lokasi

Lokasi menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan. Calon pembeli harus mencari tahu apakah lokasi rumah dekat dengan pusat kota, tempat kerja, dan sarana transportasi.

Pastikan juga lokasi rumah tidak menjadi langganan banjir saat musim hujan. Lakukan riset sedetail mungkin agar bisa menghindari kerugian di masa depan.

2. Harga

Poin ini mungkin bisa saja subjektif. Artinya, harga akan menyesuaikan dengan kemampuan para pembeli, namun calon pembeli harus mengetahui apakah harga properti tersebut sesuai dengan pasar.

Umumnya, ketika akan membeli properti secondary (bekas), harus diketahui dulu apakah harga yang ditawarkan wajar.

Baca juga: Definisi rumah idaman ala Ersa Mayori

3. Fasilitas

Beberapa hunian mungkin akan menawarkan fasilitas privat seperti area perumahan klaster, townhouse, atau apartemen.

Calon pembeli perlu mencari tahu apakah fasilitas tersebut benar-benar tersedia, jangan sampai tertipu informasi yang ada di iklan.

Pastikan apakah fasilitas yang ditawarkan benar-benar ada dan berfungsi dengan baik. Namun untuk rumah kavling, biasanya jarang ditemukan fasilitas seperti di area klaster dan townhouse.

4. Ukuran rumah

Faktor ini bisa menjadi pertimbangan utama dalam mencari rumah idaman, tujuannya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan calon pembeli.

Calon pembeli yang masih lajang tentu mempunyai kebutuhan berbeda dengan calon pembeli yang telah berkeluarga, serta tentunya ini akan berdampak pada ukuran rumah yang dicari.

5. Lingkungan

Faktor ini pun menjadi poin penting yang dipertimbangkan. Misalnya, di area tersebut sering terjadi pencurian maka hal ini akan membahayakan.

Calon pembeli bisa menanyakan ke warga sekitar tentang kondisi lingkungan di area perumahan tersebut atau bertanya ke ketua RT sekitar untuk mengkonfirmasi apakah kehidupan tetangga di area tersebut aman dan harmonis.

6. Transportasi

Akses transportasi juga tidak kalah penting. Tentu akses untuk bepergian menjadi faktor esensial bagi semua orang.

Ketika sedang tidak ingin berkendara dengan kendaraan pribadi, maka transportasi publik menjadi pilihan utama. Untuk itu, penting mengetahui apakah rumah yang akan dipilih dekat dengan akses transportasi dan jalan besar.

Baca juga: Rumah idaman bagi keluarga muda

Baca juga: BRI bagikan sejumlah trik pilih rumah subsidi

Baca juga: Program DealJuara mudahkan masyarakat miliki properti idaman

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021