Upaya RRI mengenalkan sikap kepahlawanan kepada masyarakat

Upaya RRI mengenalkan sikap kepahlawanan kepada masyarakat

Direktur Program dan Produksi Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Soleman Yusuf saat ditemui di sela Apresiasi Budaya untuk Pahlawan Versi RRI di Auditorium Abdulrahman Saleh Gedung RRI Jakarta pada Selasa (30/11/2021). ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira/am.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Program dan Produksi Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Soleman Yusuf mengajak masyarakat untuk menanamkan sifat kepahlawanan di dalam diri.

Untuk mendorong masyarakat lebih mengenal sikap kepahlawanan, RRI mengadakan acara tahunan guna mengapresiasi tokoh-tokoh inspiratif yang menjadi pahlawan bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

"Selama ini kami sering sekali buat acara seremonial Hari Pahlawan di 10 November, tapi kayaknya (acara seperti itu) seperti kehilangan soul-nya. Terutama ke generasi milenial, untuk tahu sebenarnya apa sih makna pahlawan? Mulai dari orang tua, guru, dan banyak hal," kata Soleman di Jakarta, ditulis pada Rabu.

"Kami juga ingin menanamkan bahwa di dalam diri setiap manusia Indonesia itu ada DNA pahlawannya, bahwa kita bisa berbuat seberapa pun kecilnya kepada masyarakat. Sehingga, RRI dengan senang hati memulai untuk membuat acara tahunan ini guna memilih pahlawan-pahlawan yang menginspirasi," ujarnya menambahkan.

Adapun RRI menggelar malam Apresiasi Budaya untuk Pahlawan Versi RRI di Auditorium Abdulrahman Saleh Gedung RRI Jakarta pada Selasa (30/11) malam.

Tiga peraih Penghargaan Pahlawan masing-masing diterima oleh KH. Abdul Muhaimin dari Yogyakarta untuk kategori Tokoh Keragaman.

Lebih lanjut, Ni Nyoman Tjandri dengan Tari Arja Bali meraih kategori Karya Seni Inspiratif. Lalu untuk kategori Tokoh Pembangkit Kewirausahawan diraih oleh Gestianus Sino dari Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Selain tiga kategori tersebut, Anugerah Khusus Pahlawan Inspiratif 2021 juga diberikan RRI kepada Juru Bicara dan Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Prof. Drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, M.Sc l, Ph.D.

Saat ditanya seperti apa sikap kepahlawananan yang bisa dimiliki RRI dan media informasi lainnya, Soleman mengatakan ia sebagai lembaga penyiaran publik, mengedepankan keberpihakan kepada bangsa dan negara, bukan keuntungan semata.

"Kami harus memberikan pendidikan, hiburan, dam informasi yang bukan hanya enak tapi juga sehat. Oleh karenanya, kami berupaya untuk memberikan hal-hal tersebut kepada seluruh masyarakat Indonesia," kata Soleman.

"Terutama juga untuk masyarakat di wilayah 3T dan kaum yang termaginalkan seperti perempuan, difabel dan anak-anak, sehingga, beragam sekali siaran RRI kepada masyarakat," imbuhnya.

Baca juga: RRI gelar malam apresiasi budaya untuk pahlawan

Baca juga: 30 peserta seleksi Calon Dewan Direksi LPP RRI lulus seleksi makalah

Baca juga: Daftar peserta lolos tahap administrasi calon Dewan Direksi LPP RRI

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KPI beri apresiasi lembaga penyiaran ramah anak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar