Tenis

Jerman amankan tempat semifinal Piala Davis usai tekuk Inggris

Jerman amankan tempat semifinal Piala Davis usai tekuk Inggris

Duo petenis Jerman Kevin Krawietz dan Tim Puetz beraksi dalam pertandingan mereka melawan Joe Salisbury dan Neal Skupski pada babak perempat final Piala Davis di Innsbruck, Austria, Selasa (30/11/2021). ANTARA/REUTERS/Leonhard Foeger/am.

Jakarta (ANTARA) - Duo Jerman Kevin Krawietz dan Tim Puetz membawa negara mereka ke semifinal Piala Davis setelah mengalahkan pasangan Inggris Joe Salisbury dan Neal Skupski dalam laga penentuan  yang menegangkan untuk menang 2-1, Selasa waktu Austria atau Rabu WIB.

Kemenangan 7-6(10) 7-6(5) di Innsbruck memastikan kebangkitan luar biasa Jerman yang membalas kekalahan pada babak yang sama dari Inggris pada Final Piala Davis 2019.

Dan Evans membawa Inggris unggul dengan mengalahkan Peter Gojowczyk 6-2 6-1 dalam tunggal pertama.

Jen-Lennard Struff kemudian membuat asa Jerman tetap hidup pada babak delapan besar dengan penampilan inspiratif  untuk mengalahkan peringkat 12 dunia Cameron Norrie.

Struff menang 7-6(6) 3-6 6-2 sehingga pertandingan dilanjutkan ke pertandingan menentukan dalam sektor ganda yang kemudian berlangsung menegangkan.

Pasangan Jerman itu menyelamatkan empat set poin dalam perjalanan memenangi set pertama dalam tiebreak yang luar biasa.

Mereka kemudian tertinggal 5-0 pada tiebreak kedua gim ini tetapi meraih tujuh poin berturut-turut untuk memastikan kemenangan, dan tempat semifinal untuk melawan Rusia atau Swedia di Madrid.

Jerman hanya membutuhkan satu match point saat Puetz melakukan pengembalian tak terbendung yang membuat para pemain dan staf pendukung merayakan kemenangan.

Baca juga: Kroasia melaju ke semifinal Piala Davis usai bungkam Italia

"Luar biasa, perasaan yang luar biasa," kata kapten Jerman Michael Kohlmann seperti dikutip Reuters. "Kami memiliki chemistry tim yang super."

Krawietz, dua kali juara ganda French Open, mengatakan "Saya sangat senang kami pergi ke Madrid.  Pertandingan itu sangat keras -- sangat mendorong kami dan sangat senang bisa mencapai semifinal."

Sementara Krawietz dan Puetz mendapat pujian, penampilan Struff menjadi laga yang penting.

Petenis peringkat 51 dunia itu memborbardir Norrie untuk mencapai kedudukan 4-1. Tapi Norrie, yang melakukan debutnya dalam ATP Finals tahun ini, bangkit untuk memenangi lima dari enam gim berikutnya untuk servis set pertama.

Struff mematahkan servisnya dan kemudian menyelamatkan dua set point pada tiebreak dari ketertinggalan 4-6.

Norrie kemudian menyamakan kedudukan sehingga laga harus dilanjutkan ke set penentuan. Struff mematahkan servis Norrie untuk memimpin 4-2 dan kemudian memenangi empat gim berturut-turut untuk mematahkan servis Norrie dan memastikan kemenangan.

Tunggal kedua Jerman tampaknya terlalu mudah bagi Evans yang menang dalam waktu 55 menit.

"Mereka bermain bagus di akhir tiebreak set kedua, tapi kami tidak," kata Salisbury, dua kali juara Grand Slam ganda. "Jelas kami kecewa dengan apa yang terjadi... terutama saya sendiri."

Serbia akan menghadapi Kazakhstan pada Rabu waktu setempat atau Kamis WIB, sementara Rusia versus Swedia akan memperebutkan tempat terakhir semifinal hari berikutnya. Selanjutnya, final akan digelar di Madrid pada Minggu atau Senin WIB.

Baca juga: Juara bertahan Spanyol tersingkir di Piala Davis

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar