Berlin (ANTARA News) - Semifinalis kejutan Schalke 04 akan mengandalkan di jimat Raul untuk mengambil keuntungan pada pertandingan leg pertama di mana mereka membukukan rekor 100 persen di kandang, saat melawan Manchester United Selasa esok (26/4).

Mantan striker timnas Spanyol dan pencetak skor terbanyak Liga Champions sepanjang masa telah menjadi jantung permainan Schalke sampai babak empat besar ini.

Setelah meninggalkan Real Madrid tahun lalu dengan 16 tropi di tangan, Raul telah mencetak gol lima kali untuk Schalke sementara tim Bundesliga itu sendsiri telah memenangkan lima laga kandang terakhirnya.

MU mengetahui sekali kualitas Raul sebagai penentu kemenagan. Dua gol darinya untuk Real Madrid di Old Trafford pada 2000 berhasil menghempaskan klub Liga Inggris dari kompetisi bergengsi Eropa tersebut.

Prestasi Schalke dalam menjegal Inter Milan di babak delapan besar juga membuat MU tidak akan memandang klub Jerman tersebut sebagai lawan yang enteng.  Sebuah pandangan yang kian menguatkan catatan buruk mereka saat melawan klub-klub Bundesliga.

Meskipun pernah mencetak kemenangan terkenal melawan Bayern Munich pada final Liga Champions tahun 1999, MU selalu kalah dari empat kali pertemuannya dengan klub-klub Jerman sejak awal digelarnya Liga Champion pada 1992.

"Tim-tim Jerman selalu memiliki ketahanan dan determinasi dan itu akan persis sama terjadai di laga Selasa nanti," kata Alex Ferguson, yang kubunya ditaklukan Bayern pada perempatfinal tahun lalu.

"Tetapi kami melaju kem laga ini dengan jauh lebih berpengalaman ketimbang tahun-tahun sebelumnya dan pengalaman serta rekor tandang kami sungguh mengesankan dalam beberapa tahun ini."

Pelatih Schalke Ralf Rangnick mengistirahatkan sejumlah pemainnya ketika timnya kalang di kandang dengan skor  1-0 saat menghadapi  Kaiserslautern Sabtu lalu.

"Kami akan memiliki tim pemula yang berbeda saat melawan MU," kata Rangnick, yang mengambilalih tongkat komando dari Felix Magath yang dipecat sebulan lalu. "Jika saya telah memilih tim yang sama Selasa mendatang seperti yang saya lakukan saat ini saya tak yakin kita akan memiliki kesempatan besar untuk menang melawan MU,"

Pemain asal Peru Jefferson Farhan yang melewatkan perempatfinal leg kedua melawan Inter, akan kembali ke lapangan tengah, sementara bek Benedikt Hoewedes, Atsuto Uchida dan Hans Sarpei juga semestinya sudah kembali ke lapangan nanti.

Penyerang tengah Jose Jurado yang menjadi pemain pengganti Sabtu lalu, juga diharapkan akan mengawali aksi pertamanya di Schalke di laga Liga champion.

Schalke, meski berada di urutan sepuluh dalam klasemen sementara Bundesliga, masih memiliki dua gelar untuk dipertarungkan, yaitu Liga Shampionx dan final Piala Jerman menghadapi klub divisi dua Duisburg Mei mendatang.

Bagi kapten Schalke berusia 25 tahun yang juga penjaga gawang, Manuel Neuer, yang kabarnya akan hengkang musim panas nanti setelah 20 tahun memperkuat klub di Lembah Ruhr itu, maka laga itu adalah laga perpisahan untuknya.

"Manchester mungkin memenangkan laga liga terakhir mereka, tapi kemenangan itu tidak semua berupa kejayaan. Makanya kami tahu sekali bahwa kami memiliki kesempatan untuk melawannya Selasa nanti," katanya seperti dikutip Reuters.

MU mengalahkan Everton 1-0 Sabtu pekan kemarin, untuk mendekatkan mereka ke titel juara Liga Premier.

Bek Nemanja Vidic dan penyerang tengah Michael Carrick dijadwalkan kembali ke lapangan setelah diistirahatkan sementara.

Kendati dia tahu nilai sebuah gol di pertandingan tandang, Ferguson akan cukup senang jika timnya skor kembali imbang 0-0, berdasarkan performa menakjubkan klubnya saat bertangding di Old Trafford selama musim ini.

Kemenagan Sabtu lalu atas Everton mencatatkan rekor mereka telah memenangkan 16 laga dan satu kali imbang dari 17 laga kandangnya selama ini.  Mereka juga menjadi tim yang tidak pernah kalah di kandang baik di Liga Champion maupun di kompetisi domestik.

Kemungkinan tim yang diturunkan:

Schalke 04:
Manuel Neuer (1), Atsuto Uchida (22), Christoph Metzelder (21), Benedikt Hoewedes (4), Hans Sarpei (2), Alexander Baumjohann (11), Jefferson Farfan (17), Kyriakos Papadopoulos (14), Jose Jurado (18), Edu (9),  dan Raul (7).

Manchester United:
Edwin van der Sar (1), Rafael da Silva (21), Nemanja Vidic (15), Rio Ferdinand (5), Patrice Evra (3), Antonio Valencia (25), Michael Carrick (16), Ryan Giggs (11), Park Ji-sung (13), Javier Hernandez (14), dan Wayne Rooney (10). (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011