PT Timah bangun kebun karang destinasi wisata bawah laut Pulau Putri

PT Timah bangun kebun karang destinasi wisata bawah laut Pulau Putri

PT Timah Tbk membangun "coral garden" atau kebun karang di kawasan destinasi wisata bawah laut Pulau Putri Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna sebagai komitmen perusahaan mendukung pemmbangunan pariwisata bahari di daerah itu. (Aprionis)

Dengan adanya kebun karang PT Timah ini, tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk snorkeling di Pulau Putri ini
Bangka (ANTARA) - PT Timah Tbk membangun "coral garden" atau kebun karang di kawasan destinasi wisata bawah laut Pulau Putri Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna sebagai komitmen perusahaan mendukung pembangunan pariwisata bahari di daerah itu.

"Dengan adanya kebun karang PT Timah ini, tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk snorkeling di Pulau Putri ini," kata Dosen Kelautan Perikanan Universitas Bangka Belitung (UBB) Indra Ambalika di Pulau Putri, Rabu.

Ia mengatakan pembangunan dan penenggelaman kebun karang di destinasi wisata bawah laut Pulau Putri Kecamatan Belinyu Bangka ini merupakan kerja sama antara PT Timah Tbk dengan UBB, Pokdarwis, HKM Penyusuk Indah dan Yayasan Sayang Babel untuk mendorong kunjungan wisatawan di Pulau Putri.

"Wisatawan nantinya tidak perlu lagi diving untuk melihat coral, karena dengan snorkling saja sudah bisa lihat coral garden. Kemarin yang kami rancang itu ada tulisan Timah kemudian dikelilingi besi berbentuk tudung saji yang nantinya akan ditempeli karang," katanya.

Menurut dia coral garden ini merupakan ornamental underwater yang sengaja dibentuk dengan konsep taman laut. Hal ini, menurut Indra telah dikembangkan di beberapa wilayah seperti di Bali untuk mendukung wisata bawah laut.

“Ini baru pertama kali kami lakukan bersama PT Timah Tbk, dimana kami juga melibatkan masyarakat sekitar Penyusuk dalam proses pembuatannya termasuk menenggelamkan besinya sehingga membentuk coral garden. Nanti kami akan monitoring tingkat pertumbuhan karang,” ujarnya.

Ketua HKM Penyusuk Indah Akli mengatakan pihaknya antusias dengan program coral garden yang dilaksanakan PT Timah Tbk, karena ini akan membentuk daya tarik wisata baru bagi pengunjung.

"Saat ini memang sudah banyak masyarakat snorkeling di Pulau Putri, biasanya melihat berbagai jenis ikan seperti nemo dan lainnya. Dengan adanya coral garden ini memberikan hal yang baru dan memperindah wisata bawah laut," katanya.

Camat Belinyu Syarli Nopriansyah mengapresiasi PT Timah Tbk telah mengembangkan wisata bawah laut. Apalagi Pulau Putri dan Pantai Penyusuk merupakan salah satu destinasi wisata prioritas di Kabupaten Bangka.

“Kami apresiasi kepada PT Timah Tbk, semoga kegiatan seperti ini berkelanjutan salah satu bentuk perhatian untuk wisata bawah laut yakni di Pulau Putri," katanya.

Baca juga: Kebun karang raksasa di Bali jadi spot wisata selam
Baca juga: KKP-BI replikasi pembangunan "coral garden" untuk perairan Lombok
Baca juga: KKP gandeng asosiasi dan LSM dalam pelatihan kebun karang

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Satpolairud Pangkalpinang amankan penyelundupan 163kg lempengan timah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar