Kano, Nigeria (ANTARA News) - Tiga bom meledak di satu kota di bagian timur laut Nigeria dan jumlah orang tewas dan luka-luka dalam satu serangan yang diyakini dilakukan oleh satu kelompok, kata polisi Senin.

Ledakan-ledakan pada Minggu malam itu menjelang pemilihan gubernur negara bagian Selasa dan terjadi di sebuah kedai hotel dan di luar pintu gerbang satu pusat transportasi di Maiduguri, kata juru bicara polisi Mai Mamman.

Kerusuhan melanda di Nigeria utara setelah pemilihan presiden 16 April, dengan ratusan diyakini tewas.

Maiduguri telah lama dilanda kekerasan yang dituduhkan pada sebuah sekte Islam yang dikenal sebagai Boko Haram, yang meluncurkan pemberontakan pada 2009, meskipun beberapa serangan baru-baru ini diyakini telah dikaitkan dengan politik.

"Kami belum dapat mengatakan berapa banyak yang tewas atau berapa banyak yang luka-luka dalam ledakan itu," kata Mamman.

Para korban dievakuasi ke dua rumah sakit di kota itu.

"Kami harus memilah korban untuk memastikan berapa banyak yang mati dan berapa banyak yang terluka. Dari semua indikasi, ini adalah hasil kerja Boko Haram, yang telah melakukan serangan serupa di masa lalu," tambahnya.

Dari tiga ledakan itu, dua terjadi di hotel dan satu di lapangan parkir motor.

Boko Haram telah menyalurkan selebaran peringatan pada Minggu sebelumnya, demikian AFP.

(SYS/H-AK/M016)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011