Badung (ANTARA) - PT Medco E&P Indonesia berkomitmen mendukung perkembangan industri domestik dengan kembali memasok gas bagi PT Pupuk Sriwijaya Palembang.

Dukungan ini ditandai dengan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) antara kedua perusahaan dalam acara The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil & Gas (IOG 2021) di Bali, Rabu.

Selain penandatanganan perjanjian jual beli migas, Medco E&P juga menandatangani beberapa Letter of Agreement (LoA) dengan beberapa perusahaan domestik lain terkait penyesuaian harga atas volume kontrak gas.

Sumber gas PJBG dipasok dari lapangan-lapangan di Blok South Sumatra, Sumatra Selatan.

Perjanjian berlaku sejak tanggal dimulainya pengaliran gas sampai dengan November 2033 atau sampai dengan berakhirnya Total Jumlah Kontrak sesuai perjanjian.

Jumlah penyerahan harian gas mulai dari sebesar 15 BBTUD turun hingga 5 BBTUD.

Dalam acara yang sama, Medco E&P menandatangani LoA sebagai upaya mendukung implementasi Keputusan Menteri ESDM tentang harga gas di Sumatra Selatan dengan pembeli gas PT MEPPO-GEN dan perusahaan daerah Mura Energi.

Sementara di Jawa Timur, Medco Energi Sampang Pty Ltd dengan PT Indonesia Power untuk Lapangan Wortel dan Oyong, sedangkan Medco Energi Madura Offshore Pty Ltd melakukan penandatanganan dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk untuk gas Lapangan Maleo dan Meliwis.

Penyesuaian harga atas volume gas tersebut tidak mempengaruhi pendapatan Medco E&P, porsi pendapatan akan tetap sama melalui mekanisme kompensasi dari bagian pendapatan negara pada tahun berjalan.

Direktur Utama Medco E&P Ronald Gunawan mengatakan penandatanganan ini merupakan bukti komitmen Medco E&P untuk turut memenuhi kebutuhan gas domestik.

"Kami berharap dapat terus memperoleh dukungan dari semua pihak saat menjalankan aktivitas eksplorasi dan produksi migas pada area operasi Medco," kata Ronald.

Baca juga: Medco E&P kembali mengelola Blok Senoro Toili di Sulawesi Tengah

Baca juga: Medco Energi terbitkan obligasi 400 juta dolar AS

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021