kalau tujuannya ke kantor, kita perbolehkan
Jakarta (ANTARA) - Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup jalan menuju kawasan Bundaran Patung Kuda dan Monas mulai Rabu malam pukul 24.00 WIB, guna mengantisipasi kerumunan massa aksi Reuni "212" pada Kamis besok.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penutupan jalan berlaku mulai Rabu pukul 24.00 WIB hingga Kamis pukul 21.00 WIB.

Baca juga: Wakil Ketua DPD: Batalkan Reuni 2021 guna mewaspadai varian Omicron

"Area yang akan ditutup adalah area di seputar Patung Kuda dan Kawasan Monas. Jadi semua area tersebut dinyatakan sebagai kawasan terbatas atau 'restricted area'," kata Sambodo saat ditemui di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu.

Ia menyebutkan jalur protokol yang ditutup meliputi Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Veteran dan Jalan Museum.

Jalan tersebut menjadi area steril atau kendaraan tidak boleh melintas, kecuali kendaraan dinas yang berkantor di area steril.

Baca juga: Wagub DKI imbau Panitia Reuni 212 tetap perhatikan jumlah peserta

"Kendaraan nanti kita lihat dulu, kalau tujuannya ke kantor, kita perbolehkan. Hanya yang memang berkantor di jalan itu," tutur dia.

Oleh karenanya, Polisi mengimbau seluruh masyarakat untuk menghindari area sekitar Bundaran Patung Kuda dan Monas sepanjang esok hari.

"Kami mengimbau seluruh masyarakat agar besok sepanjang tanggal 2 Desember, dari pagi sampai malam, menghindari kawasan tersebut. Karena dengan adanya penutupan yang kita lakukan, pasti akan terjadi kepadatan dan kemacetan," ujar Sambodo.

Baca juga: Wagub DKI apresiasi Reuni 212 tidak di Jakarta

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021