Gulkarmat Jaktim evakuasi sarang tawon dan ular sanca di rumah warga

Gulkarmat Jaktim evakuasi sarang tawon dan ular sanca di rumah warga

Petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur mengevakuasi ular sanca dari rumah warga di Cakung, Selasa (30/11/2021). ANTARA/HO-Sudin Gulkarmat Jakarta Timur

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur melakukan evakuasi sarang tawon dan ular sanca dari permukiman warga di Kecamatan Ciracas dan Cakung Jakarta Timur.

Kasi Operasional Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, di Jakarta, Rabu, mengatakan, evakuasi tersebut berdasarkan laporan dari warga yang tidak berani mengevakuasi sendiri.

"Kami mengevakuasi sarang tawon berdiameter sekitar 10 cm yang berada di tiang listrik dengan ketinggian enam meter di Kelurahan Ciracas. Alhamdulillah bisa kami evakuasi dalam waktu lima menit," kata Gatot.

Menurut dia, evakuasi sarang twaon itu dengan mengerahkan empat personil menggunakan satu unit mobil "light rescue". "Petugas harus menggunakan tangga untuk menjangkau sarang tawon yang berada di ketinggian enam meter," katanya.

Sebelumnya, kata dia, tim dari Gulkarmat Jakarta Timur juga mengevakuasi ular sanca di Kecamatan Cakung dengan mengerahkan empat personel menggunakan satu unit mobil "light rescue". "Tidak ada kendala dalam proses evakuasi ular sanca tersebut," katanya.

Gatot menjelaskan, evakuasi ular sanca itu dilakukan berdasarkan laporan dari warga yang melaporkan di halaman rumah warga tersebut. "Penghuni rumah tersebut saat akan mengambil selang, melihat ada ular sanca. Kemudian melaporkannya ke Damkar. 

"Alhamdulillah kami evakuasi ular dengan panjang tubuh sekitar 50 cm itu," ujarnya.

Baca juga: Gulkarmat Jaktim evakuasi lima ular dari loker bulutangkis di Ciracas
Baca juga: Gulkarmat Jaktim selamatkan dua kucing tercebur sumur sedalam 15 meter

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar