Telkomsel dan PIM tingkatkan daya saing UMKM perempuan

Telkomsel dan PIM tingkatkan daya saing UMKM perempuan

Penandatanganan kerja sama antara PT Telkomsel dan Perempuan Indonesia Maju (PIM) untuk meningkatkan daya saing perempuan pelaku UMKM di Jakarta, Selasa (30/11/2021). ANTARA/HO-PIM

Aplikasi 99% Usahaku merupakan bagian platform Telkomsel yang bertujuan meningkatkan daya saing UMKM melalui digitalisasi
Jakarta (ANTARA) - PT Telkomsel dan Perempuan Indonesia Maju (PIM) melakukan kerja sama guna meningkatkan kemampuan perempuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menguasai teknologi digital.

Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan kerja sama tersebut berupa penyediaan aplikasi "99% Usahakuk" kepada UMKM yang dikelola para perempuan yang bergabung dengan PIM.

"Aplikasi 99% Usahaku merupakan bagian platform Telkomsel yang bertujuan meningkatkan daya saing UMKM melalui digitalisasi. Telkomsel juga telah menyediakan solusi teknologi dan berbagai produk inovatif digital kepada sekitar 26.000 akun UMKM," katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Ketua Umum PIM Lana Koentjoro menambahkan kerja sama tersebut merupakan langkah lanjut misi Perempuan Indonesia Maju dalam rangka meningkatkan digital literasi di bidang wirausaha bagi perempuan Indonesia khususnya anggota PIM yang sebagian besar merupakan pelaku UMKM perempuan.

"Penguatan ekosistem ekonomi digital dalam aktivitas bisnis yang ditunjang dukungan ragam layanan solusi bisnis berbasis digital, akan terus berkembang jika didukung cepatnya adopsi para pelaku UMKM khususnya perempuan untuk memiliki pemahaman dan kesadaran pentingnya kehadiran teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis para pelaku UMKM perempuan yang mendominasi 60 persen wirausaha mikro, kecil, menengah di Indonesia," katanya.

Aplikasi 99% Usahaku merupakan platform layanan berbasis aplikasi untuk para pelaku bisnis UMKM, yang menyediakan berbagai konten pembelajaran (digital learning), artikel informasi bisnis, cerita sukses para pelaku UMKM, fitur forum komunikasi antar pelaku UMKM, ragam solusi layanan UMKM dari Telkomsel Enterprise, serta akses cakupan pasar yang lebih luas guna meningkatkan kapasitas penjualan.

"Aplikasi 99% Usahaku terbagi dalam 5 pilar: Pasarku, Pemasokku, Pemodalku, Solusiku, Inspirasiku," ujar GM SME Tele & Digital Chanel Management Telkomsel Enterprise Sihol Pardamean.

UMKM sebagai penggerak ekonomi bangsa, lanjutnya, perlu menguasai dan memanfaatkan teknologi digital agar dapat bersaing di era normal baru dan teknologi canggih untuk meningkatkan daya saingnya, sehingga bisa menguasai pasar online yang terbuka luas di berbagai wilayah Indonesia bahkan luar negeri.

Baca juga: Telkomsel luncurkan solusi keamanan IoT Sphere
Baca juga: Analis prediksi investasi Telkomsel di GoTo akan makin menguntungkan
Baca juga: Telkomsel luncurkan platform kesehatan Fita

Pewarta: Subagyo
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Telkomsel dan XL Axiata jadi penyedia layanan 4G di wilayah 3T

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar