Saat ini, total tujuan ekspor kami ada 27 negara. Rata-rata ekspor kami sebanyak 2.500 kontainer per tahun
Jakarta (ANTARA) - Eksportir PT Cermai Makmur Abadi Internasional menilai bisnis kertas pembungkus hadiah (gift wrapping paper) ke negara tujuan ekspor seperti Amerika Serikat dan negara-negara Eropa memiliki potensi besar.

Managing Director PT Cermai Makmur Abadi Internasional Theresia O Sutaman mengatakan, ekspor produk perseroan sebanyak 60 persen ke Amerika Serikat. Lalu, sebesar 20 persen ke Inggris dan sisanya negara-negara lain.

"Saat ini, total tujuan ekspor kami ada 27 negara. Rata-rata ekspor kami sebanyak 2.500 kontainer per tahun," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan, salah satu pembeli produk perseroan di Amerika Serikat adalah jaringan ritel Walmart. Peritel modern itu sudah sekitar tujuh tahun menjadi pembeli produk kertas pembungkus hadiah.

"Mereka menilai produk kami berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar Amerika. Walmart merupakan pembeli produk kami yang cukup loyal," kata Theresia.

Ia menyampaikan pihaknya optimistis mampu meningkatkan pendapatan meski di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

"Hal itu karena pasar kami adalah ekspor. Tahun 2021, kami menargetkan pertumbuhan revenue sebesar 20 persen. Sebelum pandemi, pendapatan kami sebesar 50 juta dolar AS per tahun," ujarnya.

Cermai Makmur menggeluti bisnis industri kreatif sudah lebih dari 28 tahun. Menurut Theresia, untuk memenangkan hati konsumen adalah dengan membangun kepercayaan mereka terhadap kualitas dan kesinambungan pasokan. Kepercayaan para pembeli pun membuat daya saing perseroan masih solid hingga kini.

Pemain besar bisnis kertas pembungkus hadiah saat ini adalah perusahaan-perusahaan global. Meskipun demikian, perusahaan Indonesia dapat berkecimpung asal kompetitif dan mampu menciptakan pembeli di pasar besar dunia.

Mengutip data Grand View Research, nilai produk pembungkus kado global mencapai 15,1 miliar dolar AS pada 2018. Inovasi produk dalam pembungkus kado merupakan faktor utama yang berkontribusi terhadap pertumbuhan industri tersebut.

Selain itu, peningkatan daya beli telah mendongrak permintaan untuk pilihan hadiah yang elegan dan dapat disesuaikan. Hal itu diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri produk hadiah secara keseluruhan, yang secara positif akan mempengaruhi pasar global.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021