Pemkot Solo siap perkuat sektor pariwisata usai pandemi COVID-19

Pemkot Solo siap perkuat sektor pariwisata usai pandemi COVID-19

Sejumlah prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan seniman berkolaborasi dalam peluncuran Atraksi Budaya Prajurit Solo di halaman keraton setempat, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/11/2021). Atraksi yang mengangkat sejarah pasukan prajurit keraton tersebut selanjutnya digelar rutin untuk promosi wisata Kota Solo sekaligus menambah daya tarik bagi wisatawan berkunjung di keraton setempat. ANTARAFOTO/Maulana Surya/aww. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

usai pandemi kami akan mem-branding Kota Solo untuk tujuan wisata
Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta  berkomitmen memperkuat sektor pariwisata usai pandemi COVID-19 agar kunjungan wisatawan ke daerah tersebut meningkat.

"Bagaimana usai pandemi kami akan mem-branding Kota Solo untuk tujuan wisata," kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo, Rabu.

Ia mengatakan posisi Solo sangat diuntungkan terutama usai dibangunnya Tol Transjawa. Bahkan, banyak masyarakat dari luar kota yang datang ke Solo melalui jalur tol hanya untuk wisata kuliner.

"Mereka datang ke Solo cuma untuk kulineran, meskipun nggak menginap tetapi itu terbantu sekali (dalam meningkatkan sektor pariwisata)," katanya.

Apalagi, menurut dia sejauh ini frekuensi penerbangan dari dan ke Solo juga masih kurang sehingga keberadaan tol sangat membantu operasional masyarakat yang menuju ke Solo.

"Masih banyak tamu saya yang datang ke Solo lewat Jogja atau Semarang. Bagaimanapun juga perjalanan udara kan lebih hemat waktu, hanya satu jam dari Jakarta, kalau tol 6-7 jam," katanya.

Sebelumnya, terkait penerbangan melalui Bandara Adi Soemarmo, maskapai Wings Air membuka penerbangan dengan rute baru Denpasar-Solo-Denpasar.

"Mulai tanggal 26 November 2021 pesawat Wings Air membuka rute perdana dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali ke Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo. Rencananya jadwal penerbangan tersebut akan ada setiap hari," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan.

Ia mengatakan Wings Air menggunakan pesawat type ATR 72-600 dengan kode penerbangan IW memiliki kapasitas 72 kursi dan dijadwalkan akan melakukan penerbangan Denpasar-Solo-Denpasar sebanyak empat kali dalam sehari.

"Dengan adanya penambahan penerbangan ini, Bandara Adi Soemarmo melayani rute Denpasar-Solo-Denpasar dari dua maskapai yaitu Lion Air dan Wings Air," katanya.


Baca juga: Menparekraf Wisata berbasis heritage jadi kebangkitan ekonomi Solo

Baca juga: Gibran kebut proyek pariwisata dalam kota Surakarta

Baca juga: Solo kembangkan sektor olahraga untuk dorong pariwisata

Baca juga: Setelah uji coba, 2 objek wisata Solo siap terima kunjungan wisatawan

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kakorlantas Polri dan Gibran pantau Smart City Solo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar