Jakarta (ANTARA) - PT Metrodata Electronics bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) dalam rangka menghadirkan solusi cloud inovatif dan komperhensif bagi perusahaan maupun organisasi di Indonesia.

Dalam kerjasama tersebut, Metrodata akan membangun satu gugus tim Cloud Center of Excellence (CCOE) bersama para profesional dari AWS dalam menghadirkan layanan terpadu dan andal bagi pengguna-pengguna AWS di Tanah Air.

Layanan-layanan tersebut berupa migrasi atau modernisasi workload, Windows on AWS, SAP on AWS, VMware Cloud on AWS, Database Migration, Data Analytics, serta Cloud Managed Services/day 2 operations.

"Kami bahagia dapat bermitra dengan AWS melalui perjanjian kerja sama strategis ini. Perusahaan dituntut untuk menjadi makin gesit dalam mengkapitalisasi pesatnya pertumbuhan ekonomi bangsa maupun di tingkat regional," ujar Direktur PT Metrodata Electronics Tbk Sjafril Effendi dalam keterangannya, Rabu.

Sjafril menilai, cloud memainkan peranan penting dalam mengembangkan strategi transformasi digital di organisasi-organisasi melalui keamanan, kecepatan, keandalan, skalabilitas dan layanan yang komprehensif, sehingga mampu menghadirkan layanan inovatif dengan cepat.

Baca juga: SMI racik PC gaming demi saingi rakitan

Untuk itu, pihaknya berupaya mendukung percepatan akselerasi transformasi digital dengan menghadirkan berbagai layanan unggulan.

Sjafril menegaskan Metrodata akan terus berkomitmen meningkatkan kapabilitas tim teknis maupun bisnis agar dapat menghadirkan pengalaman cloud terbaik bagi klien.

Managing Director AWS ASEAN Conor McNamara mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias untuk memperluas kemitraan dengan Metrodata melalui penandatanganan perjanjian kerjasama strategis.

Perjanjian tersebut, kata dia, merupakan bentuk keseriusan antara kedua belah pihak menapaki kesuksesan bersama dalam mengakselerasi kemitraan serta mendukung terwujudnya transformasi berbasis cloud bagi pelanggan-pelanggan di Indonesia.

"Dengan pengalaman yang luas di industri ini, serta rekam jejak dalam menghadirkan layanan kepada pelanggan maupun dalam meningkatkan kecakapan di bidang AWS Cloud, Metrodata memiliki peran yang amat penting dalam mendukung kesuksesan perusahaan-perusahaan dari beragam industri," kata Namara.

"Seperti layanan finansial hingga infrastruktur publik dalam mengoptimalkan kemampuan sejati AWS Cloud dalam mendukung transformasi," sambung dia.

Sejak terjalinnya kerja sama dengan AWS, Metrodata dikatakan telah berhasil dalam mendukung sejumlah perusahaan, seperti Garuda food, Gudang Garam, industri FMCG, industri kesehatan, serta sejumlah perusahaan lain di lintas industri dalam mempercepat operasional perusahan melalui penerapan layanan cloud.

Baca juga: Teknologi 5G membantu implementasi revolusi industri 4.0

Baca juga: Sophos tunjuk Synnex Metrodata Indonesia sebagai distributor resmi di Indonesia

Baca juga: Teknologi informasi investasi bukan cost

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021