Menhub ajak milenial jadi pelopor gerakan selamat berlalu lintas

Menhub ajak milenial jadi pelopor gerakan selamat berlalu lintas

Tangkapan layar - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) saat menghadiri penutupan rangkaian kegiatan “Indonesia Youth Road Safety Warriors/Pejuang Muda Keselamatan Jalan Indonesia Tahun 2021” pada Rabu. (1/12/2021). ANTARA/HO-Youtube Kementerian Perhubungan RI/pri.

Berilah contoh yang baik melalui berbagai cara yang kreatif, seperti kampanye keselamatan melalui konten media sosial dan media lainnya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para insan transportasi dari generasi milenial menjadi pelopor gerakan sadar keselamatan berlalu lintas.

Hal tersebut disampaikan Menhub saat menghadiri penutupan rangkaian kegiatan “Indonesia Youth Road Safety Warriors/Pejuang Muda Keselamatan Jalan Indonesia Tahun 2021” pada Rabu.

“Berilah contoh yang baik melalui berbagai cara yang kreatif, seperti kampanye keselamatan melalui konten media sosial dan media lainnya,” kata Budi Karya dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Budi Karya mengatakan Indonesia Youth Road Safety Warriors merupakan sebuah program untuk mendidik para mahasiswa/i dari generasi muda milenial, yang diinisiasi oleh Indonesia Road Safety Partnership (IRSP), sebuah organisasi nirlaba nasional yang fokus pada upaya mengatasi permasalahan keselamatan jalan.

Ia mengatakan, melalui generasi muda diharapkan dapat memengaruhi masyarakat dan para generasi muda lainnya, untuk menjadi pribadi yang taat aturan berlalu lintas dan sadar akan keselamatan.

Program ini memberikan pendidikan dan pelatihan (setara dua semester) dengan materi terkait keselamatan jalan, kepada para mahasiswa/i dari tiga kampus yaitu PTDI, PKTJ dan ITL Trisakti.

Diklat ini turut mendukung program “Kampus Merdeka” dari Kemendikbudristek yang bertujuan untuk menciptakan SDM yang berkualitas sebagai investasi pembangunan yang berkelanjutan.

Selain mengampanyekan keselamatan jalan, para insan muda transportasi ini diharapkan pula dapat berkontribusi secara maksimal untuk menjadi inspirasi, membawa inovasi, dan mendorong transformasi di bidang transportasi.

Program ini akan dikembangkan tidak hanya di tiga perguruan tinggi tersebut, tetapi juga di perguruan tinggi lainnya.

"Para mahasiswa tersebut selanjutnya akan berperan sebagai duta untuk melakukan kampanye berkendara yang sopan dan berkeselamatan kepada keluarga dan lingkungannya," ujarnya.

Menhub menambahkan, tingginya angka kecelakaan di Indonesia merupakan masalah serius yang menjadi perhatian besar dari pemerintah bersama seluruh pemangku kepentingan terkait.

Untuk itu, perlu suatu upaya untuk menanamkan pemahaman tentang berlalu lintas yang benar, serta menumbuhkan budaya bertransportasi yang berkeselamatan kepada generasi muda.

Dalam upaya mendukung keselamatan jalan, ada empat sikap yang wajib dipedomani sebagai pengguna jalan yang baik, yaitu Alertness (kewaspadaan), Awareness (kesadaran), Attitude (perilaku), serta Anticipation (antisipasi).

Baca juga: Kemenhub waspadai pergerakan kendaraan pribadi pada libur Natal
Baca juga: Kemenhub luncurkan "Hospitable SPIRIT" untuk tingkatkan layanan publik
Baca juga: Kemenhub atur perjalanan orang internasional dengan transportasi darat

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Fokus Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2021 di Jawa Tengah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar