Sembilan ABK berhasil kami selamatan setelah sebelumnya mereka terjun ke laut.
Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Tim SAR Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil menyelamatkan sembilan orang anak buah kapal (ABK) KM Berkat Niaga Abadi yang mengalami kebakaran di perairan Pantai Bembang Jebus, Bangka Barat.

"Sembilan ABK berhasil kami selamatan setelah sebelumnya mereka terjun ke laut dengan menggunakan peralatan rakit saat KM Berkat Niaga Abadi terbakar," kata Kepala Kantor SAR Pangkalpinang melalui keterangan resmi, Rabu.

Dia menyatakan, saat ini pihaknya di lapangan sedang melakukan pendataan identitas ABK dan meminta keterangan terjadinya insiden terbakarnya KM Berkat Niaga Abadi yang bermuatan karet dari Palembang menuju Pontianak.

Menurutnya, sebelumnya pihaknya mendapat laporan dari KSOP Mentok pukul 17.45 WIB dan terselang 15 menit langsung melakukan koordinasi dengan pesonel unit siaga di Pos Basarnas Mentok, TNI AL serta kelompok nelayan setempat.

"Sampai sekarang belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran pada kapal tersebut, sedangkan kondisi cuaca perairan di Bembang Jebus berawan dengan kecepatan angin tujuh knot, ketinggian gelombang 0,2 sampai 2,5 meter," katanya pula.

Dia berharap, identitas ABK semuanya dapat terdata dan segera diketahui penyebab kebakaran KM Berkat Niaga Abadi.

"Saya imbau seluruh pengguna jasa pelayaran agar tetap memperhatikan kondisi cuaca di perairan, karena dapat berubah kapan saja serta harus melengkapi dengan peralatan keselamatan," kata Fazzli.
Baca juga: Tim KSOP Sunda Kelapa evakuasi KM Bandar Lestari yang terbakar
Baca juga: Kapal motor terbakar di Pelabuhan Sunda Kelapa

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021