Jakarta (ANTARA) - Pelatih Madura United Fabio Lafundes masih menyiapkan opsi pemain untuk menggantikan striker asingnya Rafael Silva yang terpaksa absen pada laga kontra Persib Bandung.

Madura United akan bersua dengan Persib pada laga pekan ke-15 Liga 1 2021 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (4/12) mendatang.

"Saya sebagai pelatih, saya bisa cari opsi untuk bisa gantikan Rafael. Apapun tentang ini. Untungnya, saya punya beberapa pemain yang bisa menggantikan di posisi itu," kata Fabi, dikutip dari laman resmi klub, Rabu.

Sejatinya, Rafael sudah selesai menjalani hukuman akumulasi kartu kuning saat lawan Persik Kediri, Rabu (24/11) dan hukuman "direct red card" kala bentrok dengan Barito Putera, Minggu (28/11).

Namun, Komite Disiplin (Komdis) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengeluarkan surat keputusan (SK) dengan nomor 028/L1/SK/KD-PSSI/XI/2021 terkait tingkah laku buruk pemain.

Dalam SK itu, Rafael yang sudah mencetak enam gol mendapat tambahan hukuman larangan bermain, tepatnya saat laga lawan Persib Bandung dan Bali United FC.

Baca juga: Madura United langsung fokus persiapan hadapi Persib

Keputusan itu merujuk terhadap pasal 49 ayat (1) huruf d Kode Disiplin PSSI tahun 2018. Serta, yang tertuang dalam SK itu tidak dapat diajukan banding berdasarkan pasal 119 Kode Disiplin PSSI.

Mau tidak mau, Fabi mulai mempersiapkan pengganti dari Rafael menatap laga kontra Persib, klub yang tengah berada di papan atas itu.

Diketahui, pemain yang berposisi dan diplot sebagai "target man" di Madura United tinggal dua pemain, yakni Silvio Escobar dan Sansan Fauzi.

Di dua laga terakhir, pelatih asal Brazil itu lebih percaya terhadap Escobar untuk turun sebagai starter bersama dengan Haris Tuharea dan David Laly di lini serang.

Saat itu, Fabi pun masih sukses meracik anak asuhnya hingga tetap produktif dalam kondisi absennya Rafael dengan raihan lima gol, yakni dari Hugo gomes Dos Santos (3 gol), David Laly (1 gol), dan Haris Tuharea (1 gol).

Baca juga: Fabio patok target besar besut Madura United
Baca juga: Madura United lanjutkan tren positif dengan lumat Barito Putera 3-0
Baca juga: Gol debut kembalikan percaya diri pemain Madura United Haris Tuharea

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021