Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengucapkan selamat ulang tahun kepada Partai Rusia Bersatu yang menginjak usia ke-20 tahun.

Ia berharap partai itu bisa tumbuh dan berkembang serta terus berkontribusi untuk dunia.
 
"Atas nama Partai Golkar, Republik Indonesia, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang hangat kepada Partai Rusia Bersatu atas ulang tahunnya yang ke-20. Saya berharap Partai Rusia Bersatu dapat terus berkembang dan berkontribusi secara signifikan kepada rakyat Rusia serta komunitas global," kata Airlangga dalam konferensi virtual antarpartai internasional dengan tema Tantangan Global pada Abad XXI: Dimensi Antarpartai, Rabu malam.
 
Acara itu juga dihadiri oleh seluruh partai politik se-ASEAN dan partai sedunia.
 
Airlangga juga merasa terhormat dapat menghadiri konferensi tersebut karena memiliki dampak yang signifikan terhadap hubungan antarnegara dan partai politik dalam memperkuat kerja sama bilateral dan multilateral dengan Rusia.
 
Dalam kesempatan itu, Airlangga mengungkapkan dirinya diundang dalam konferensi tersebut karena dua alasan.
 
Pertama, menunjukkan hubungan erat antara dua partai politik. Kedua, itu memungkinkan anggota partai untuk belajar dari satu sama lain.
 
Apalagi sebagai partai, lanjut Airlangga, Golkar umurnya lebih dari dua kali lipat Partai Rusia Bersatu dan telah bertahan dari gejolak politik, ekonomi, dan sosial nasional pada masa lalu.
 
"Dinamika tersebut tidak membuat Golkar tumbang, tetapi membangun kembali semangat kader Golkar untuk bersatu dan untuk menang. Kami saat ini masih merupakan partai terbesar kedua dalam hal perwakilan parlemen. Hal itu menunjukkan makin gencarnya posisi Golkar sebagai suara pembangunan dan kemakmuran rakyat," kata Airlangga dalam siaran persnya.
 
Menko Perekonomian RI itu juga menyebutkan Indonesia dan Rusia adalah dua negara besar dengan potensi yang sama dan memiliki suara penting dari negara-negara berkembang.
 
Kedua negara adalah pendukung toleransi, demokrasi, dan keragaman. Kedua negara tersebut merupakan anggota G20 sehingga menjadi penentu pertumbuhan ekonomi global. Kedua negara tersebut menjabat di Dewan Keamanan PBB pada tahun 2019—2020.
 
"Secara bilateral, mekanisme Inter-Governmental Indonesia-Rusia Joint Commission on Trade, Economic and Technical Cooperation, yang diketuai bersama oleh saya dan rekan saya, Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia, memastikan bahwa keterlibatan di bidang perdagangan, industri, investasi, energi, transportasi, infrastruktur, budaya, pariwisata, dan kesehatan terus menguat," katanya.
 
Forum multilateral, kata Airlangga, merupakan wadah yang tepat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan internasional. Dengan keadaan dunia saat ini yang cukup dinamis, kebersamaan lebih diutamakan.
 
Ketanggapan dalam menghadapi permasalahan global menjadi kunci agar dapat menciptakan tatanan dunia yang stabil.
 
"Momentum pemulihan ekonomi usai COVID-19 adalah potensi untuk membuka kembali pasar terbuka dan menguntungkan negara-negara di seluruh dunia," katanya.
 
Indonesia tengah mempersiapkan pemulihan ekonomi seperti menyelamatkan ekonomi nasional ke investasi yang menguntungkan kedua belah pihak antara investor untuk mempercepat dan mempercepat.

Ia berharap peran Rusia dalam membuka potensi investasi di Indonesia untuk forum formal pemerintahan dan konferensi internasional dapat diperluas.

"Kami dari Partai Golkar secara terbuka membantu mengembangkannya," kata Airlangga.
 
Terkait dengan penanganan COVID-19, dia menuturkan bahwa Indonesia mengajak negara-negara di seluruh dunia untuk bersatu padu menghadapi resolusi pandemi tersebut.
 
Vaksin sebagai salah satu bentuk harus disebarluaskan secara global, tidak ada kekhawatiran dalam hal distribusi vaksin.
 
"Kami mengapresiasi Rusia yang cepat memproduksi dan mendistribusikan vaksin Sputnik ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kelancaran vaksinasi dan akses masyarakat menjadi kunci utama pengendalian wabah COVID-19. Setelah itu, pergerakan ekonomi global akan tetap berjalan dengan baik," katanya.
 
Sementara itu, Ketua bidang Hubungan Luar Negeri DPP Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno Laksono berharap kerja sama antara Partai Golkar dan Partai Rusia Bersatu bisa terus terjalin dan menghasilkan sesuatu yang baik untuk kedua negara.
 
"Kami berharap kerja sama ini bisa terus terjalin dan terjaga, serta menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kedua negara dan untuk masyarakatnya," katanya.
 
Ia menyatakan bangga karena Partai Golkar satu-satunya partai di Indonesia yang diundang dalam video conference.
 
"Ini artinya Partai Golkar diakui bukan saja sebagai partai senior yang sarat dengan pengalaman dan mampu keluar dari berbagai dinamika politik, melainkan menjadi partai yang selalu melakukan kerja nyata untuk Indonesia," kata anggota Komisi I DPR RI ini.

Baca juga: Golkar optimistis menangi Pemilu dan Pilpres 2024
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021