Liga Inggris

Liverpool perkasa kuasai Derbi Merseyside saat bekuk Everton 4-1

Liverpool perkasa kuasai Derbi Merseyside saat bekuk Everton 4-1

Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kiri) melakukan selebrasi bersama Andy Robertson seusai mencetak gol ke gawang Everton dalam Derbi Merseyside lanjutan Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Rabu (1/12/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Phil Noble)

Jakarta (ANTARA) - Liverpool tampil perkasa untuk menguasai Derbi Merseyside saat membekuk Everton dengan skor 4-1 dalam laga pekan ke-14 Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Sang kapten Jordan Henderson menyetel momentum Liverpool di derbi kali ini lewat gol cantiknya hanya sembilan menit selepas sepak mula, memanfaatkan umpan tarik Andy Robertson menggunakan kaki kirinya.

Lantas Henderson mengirimkan umpan terobosan untuk gol kedua Liverpool yang dicetak Mohamed Salah pada menit ke-19. Kendati Henderson membukukan assist, gol itu sepenuhnya buah kepiawaian Salah menusuk dari sisi kiri pertahanan Everton sebelum memperdaya kiper Jordan Pickford dengan sontekan tenang ke tiang jauh.

Everton tampak mendapatkan momentum kebangkitan setelah Demarai Gray menyelesaikan umpan terobosan Richarlison dengan sepakan mendatar yang gagal dihentikan oleh kiper Alisson Becker pada menit ke-38.

Gol itu membuat Liverpool tampak kehilangan kendali permainan dan lini belakang mereka terlihat berjibaku menjaga keunggulan hingga turun minum.

Baca juga: Liverpool rekrut kiper legendaris Brazil masuk ke jajaran staf pelatih

Selepas turun minum, Everton masih tampak memiliki momentum pertandingan, namun hal itu runtuh ketika Liverpool memperoleh gol ketiga buah dari blunder para pemain tuan rumah pada menit ke-64.

Umpan buruk Gray membuat kapten Everton Seamus Coleman berada di bawah tekanan dan bola bisa direbut oleh Salah yang berlari dari lingkaran tengah lapangan hingga ke dalam kotak penalti sebelum melakukan penyelesaian sederhana ke tiang jauh dan merestorasi keunggulan dua gol Liverpool.

Gol tersebut praktis meruntuhkan momentum kebangkitan Everton dan yang terjadi kemudian adalah Diogo Jota menambah marjin keunggulan Liverpool jadi 4-1 pada menit ke-79.

Menerima umpan pendek Robertson, Jota sukses mengelabui Allan dengan satu gerakan memutar sebelum melepaskan tembakan sudut sempit yang gagal diantisipasi Pickford di area tiang dekat.

Liverpool cukup senang memainkan bola di area pertahanannya sendiri untuk menghabiskan waktu hingga peluit tanda laga usai terdengar dengan skor 4-1 terpampang di layar Stadion Goodison Park.

Baca juga: Benitez sebut Derbi Merseyside penting untuk sudahi tren buruk Everton

Kemenangan membuat tim besutan Juergen Klopp terus menjaga posisi mereka dalam persaingan di papan atas klasemen, menempati urutan ketiga dengan koleksi 31 poin atau hanya terpaut dua poin dari Chelsea yang berada di puncak.

Sedangkan Everton menelan kekalahan ketiga dalam rentetan delapan laga nirmenang dan tertahan di urutan ke-14 yang bukan tidak mungkin bakal mengancam nasib pekerjaan Rafa Benitez, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Di pertandingan selanjutnya pada Sabtu (4/12), Liverpool akan bertandang ke Molineux menghadapi Wolverhampton, sementara Everton baru merumput lagi dua hari kemudian dengan menjamu Arsenal di Goodison Park.

Baca juga: Chelsea bukukan kemenangan tandang triruntun di markas Watford
Baca juga: Gol larut Maupay gagalkan upaya West Ham kembali ke jalur kemenangan
Baca juga: Soal visa membuat Rangnick baru bisa pimpin MU tengah Desember

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar