Ada tujuh hari amat krusial di depan kami. Saya kira kami tiba pada puncak penampilan kami
Gelsenkirchen, Jerman (ANTARA News) - Bos Manchester United Sir Alex Ferguson gembira ria setelah memenangi pertandingan 2-0 pada leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu, tapi mengakui timnya menghadapi tujuh hari amat krusial di depan mereka.

United menjajal Arsenal Minggu dan saingan dalam perburuan gelar juara liga, Chelsea, akhir minggu kemudian, setelah melawan Schalke pada leg pertama dan menjelang laga leg kedua berikutnya, sebagaimana dikutip dari AFP dan dipantau ANTARA.

"Saya harap kami mendapat hasil positif Minggu melawan Arsenal dan kemudian kami akan melakoni pertandingan leg kedua minggu depan dan akhir minggu bertemu dengan Chelsea," kata Ferguson.

"Ada tujuh hari amat krusial di depan kami. Saya kira kami tiba pada puncak penampilan kami," katanya.

United mendekati ujung perjalanan meraih gelar juara liga Inggris ke-19 kalinya, kini memimpin enam poin di atas Chelsea dan sembilan poin di atas Arsenal, dengan sisa empat pertandingan lagi.

Setelah membungkus kemenangan mengesankan Selasa, mereka tinggal menunggu kepastian untuk maju ke final Liga Champions melawan salah satu tim antara Barcelona atau Real Madrid.

Penjaga gawang Schalke Manuel Neuer, menahan tekanan United sepanjang pertandingan, namun gebrakan pada babak kedua yang dilakukan Ryan Giggs dan Wayne Rooney akhirnya menghantarkan kemenangan United.

Hasil pertandingan itu membuat tim asuhan Ferguson berada di atas angin menjelang laga leg kedua di Old Trafford, dalam usaha menempatkan diri pada final Liga Champions untuk ketiga kalinya dalam empat musim.

"Penampilan yang amat profesional malam ini," kata Ferguson, "Konsentrasi, intensitas dan operan bola dimainkan klub papan atas. Mereka semua melakukannya dengan amat fantastik," kata pelatih itu.

Neuer mengakui United tampil amat bagus. "Kami amat menghormati mereka sebagai lawan kami," kata Nauer.

"Kami kurang kompak, kami kurang agresif. Tapi kami bangga dengan penampilan kami. Kami akan mempertahankan penampilan ini dan meningkatkannya pada pertandingan selanjutnya," katanya.

Ferguson menyatakan terkesan dengan penampilan Neuer, yang kelihatannya bersiap akan pindah ke Bayern Munich musim panas mendatang.

"Manuel Neuer amat menakjubkan. Ini mungkin penampilan terbaik penjaga gawang yang pernah saya saksikan dalam karir saya," katanya.

Rooney, dikeluarkan dari lapangan pada penampilan terakhirnya di tempat itu pada Piala Dunia 2006, menyatakan yakin United seharusnya dapat mencetak gol lebih banyak setelah mendominasi putaran pertama itu.

"Kami bahagia tetapi agak kecewa karena tidak dapat mencetak gol lebih banyak," katanya.

"Kami sudah melakukannya dengan baik. Kami harus lebih profesional pada laga leg kedua karena Schalke tidak dapat dianggap enteng. Mereka datang ke tempat Inter dan menang 5-2 (leg pertama perempat final)," katanya. Giggs amat percaya diri tentang kemenangan mereka.

"Saya kira bila kami dapat menciptakan lebih banyak peluang maka kami dapat menyelesaikannya dengan baik," kata pemain dari Wales yang kini berusia 37 tahun itu, merupakan pemain paling tua yang menciptakan gol dalam kompetisi Liga Champions.

"Seharusnya kami menciptakan empat atau lima gol pada babak pertama. Sebelum bertanding kami memperhitungkan meraih dua gol, tapi seharusnya lebih. Hasil pertandingan itu jadi mengecewakan," katanya. Pemain bertahan Schalke Christoph Metzelder mengakui timnya bermain kurang ngotot.
(*)
    

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011