Tenis

Djokovic bawa Serbia ke semifinal Piala Davis

Djokovic bawa Serbia ke semifinal Piala Davis

Petenis Serbia Novak Djokovic merayakan kemenangan setelah pertandingan tunggalnya melawan Alexander Bublik dari Kazakhstan pada babak perempat final Final Piala Davis di Madrid, Spanyol, Rabu (1/2/2021). ANTARA/REUTERS/Susana Vera.

Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic membawa Serbia ke semifinal Piala Davis melawan Kroasia ketika petenis nomor satu dunia itu menjadi pahlawan dalam pertandingan melawan Kazakhstan di Madrid, Rabu waktu setempat atau Kamis WIB.

Serbia harus berjuang ketika petenis veteran Kazakh Mikhail Kukushkin mengalahkan debutan Miomir Kecmanovic dalam laga epik tiga jam pertama di nomor tunggal.

Namun, Djokovic dengan tenang menyamakan kedudukan dengan mengalahkan Alexander Bublik
dua set langsung, sebelum kembali ke lapangan untuk bekerja sama dengan Nikola Cacic dan mengalahkan pasangan Kazakh Andrey Golubev dan Aleksandr Nedovyesov 6-2 2-6 6-3.

"Saya bangga dengan semangat juang kami. Kami melempem di set kedua tetapi kami bangkit kembali dan menahan ketegangan kami, saya bangga dengan Nikola dan bangga dengan tim ini," kata Djokovic, dikutip dari Reuters.

Serbia akan menghadapi Kroasia di Madrid Jumat waktu setempat atau Sabtu WIB, sementara slot lainnya untuk semifinal masih akan diperebutkan oleh Federasi Tenis Rusia dan Swedia untuk berhadapan dengan Jerman, yang telah lebih dulu mengamankan tempat.

Baca juga: Jerman amankan tempat semifinal Piala Davis usai tekuk Inggris
Baca juga: Kroasia melaju ke semifinal Piala Davis usai bungkam Italia


Kazakhstan bergerak mendekati semifinal ketika Kukushkin yang berusia 33 tahun melewati pertarungan tiga jam 18 menit melawan Kecmanovic yang berusia 22 tahun. Dia bangkit dari ketinggalan 2-5 pada set penentuan dan menyelamatkan empat match point sebelum mengubah match point kelimanya dalam tiebreak yang menegangkan untuk menang 7-6(5) 4-6 7-6(11).

Kecmanovic melakukan sedikit kesalahan tetapi tidak bisa menyingkirkan lawannya.

Kapten Serbia Viktor Troicki memilih nomor 69 dunia Kecmanovic dibanding nama lainnya yang lebih berpengalaman.

Kukushkin, yang sekarang berada di peringkat 182 tetapi pernah masuk ke dalam 40 besar, memulai dengan lambat saat dia kehilangan servis gim pembukanya, tetapi jam terbangnya terlihat saat dia merebut set pertama dengan tiebreak dan memimpin 4-2 dengan break di set kedua.

Namun, Kecmanovic menemukan permainannya, dan memenangi tujuh gim berturut-turut untuk merebut set kedua dan unggul 3-0 di set penentuan sebelum Kukushkin menyerang.

Dengan berhati-hati, Kukushkin menyelamatkan tiga match point saat Kecmanovic melakukan servis pada kedudukan 5-3.

Petenis Serbia itu menunjukkan ketahanan yang luar biasa untuk mencegah empat match point tetapi Kukushkin akhirnya menyelesaikan tugasnya ketika dia mengambil pertandingan.

Sementara itu, Djokovic tidak mengalami kesulitan saat menghadapi Bublik dalam kemenangan 6-3 6-4 -- kemenangan tunggalnya ke-17 berturut-turut di Piala Davis.

Baca juga: Juara bertahan Spanyol tersingkir di Piala Davis
Baca juga: Djokovic bawa Serbia kalahkan Austria, Italia tekuk AS di Piala Davis

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar