Kontrak Blok South CPP dan Blok Liman cetak komitmen 20,3 juta dolar

Kontrak Blok South CPP dan Blok Liman cetak komitmen 20,3 juta dolar

Kegiatan penandatanganan kontrak kerja sama transaksi gas dari Blok South CPP dan Blok Liman yang dilakukan dalam The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas (IOG) di Badung, Bali, Rabu (1/12/2021). ANTARA/Sugiharto Purnama.

Setelah proyek ini selesai kami berharap perusahaan dapat menjadi produsen gas terbesar di Jawa Timur, sehingga kami bisa berkontribusi lebih banyak dalam menyuplai gas di wilayah tersebut
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah mencatat total komitmen pasti tiga tahun pertama dari kontrak kerja sama transaksi gas dari Blok South CPP dan Blok Liman sebesar 20,3 juta dolar AS dan bonus tanda tangan 700 ribu dolar AS.

"Total komitmen pasti tiga tahun pertama kedua wilayah kerja ini sebesar 20,3 juta dolar AS dan bonus tanda tangan 700 ribu dolar AS," kata Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM Mustafid Gunawan dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Kamis.

Penandatanganan kontrak dilakukan oleh perwakilan PT Energi Mega Persada sebagai pemenang lelang untuk Blok South CPP dan Husky Energy International Corporation sebagai pemenang lelang Blok Liman dalam rangkaian acara The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas (IOG) di Bali, 1 Desember 2021.

Mustafid mengungkapkan bahwa kontrak ini akan berlaku efektif setelah ditandatangani Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan disetujui Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Total nilai komitmen pasti tiga tahun pertama untuk Blok South CPP sebesar 13,6 juta dolar AS dan bonus tanda tangan 500 ribu dolar AS.

Komitmen pasti tiga tahun pertama terdiri dari studi geologi dan geofisika, seismik dua dimensi 50 kilometer, dan satu sumur eksplorasi.

Sedangkan total komitmen pasti dari Blok Liman tercatat sebesar 6,7 juta dolar AS dan tanda tangan 200 ribu dolar AS. Komitmen pasti tiga tahun pertama adalah studi geologi dan geofisika, serta seismik dua dimensi 400 kilometer.

Kedua wilayah kerja ini merupakan pemenang lelang penawaran langsung blok minyak dan gas tahap I tahun 2021 yang diumumkan pada Konvensi dan Pameran IPA ke-45 di Jakarta, September lalu.

General Manager Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) Kang An mengatakan pihaknya akan bekerja keras dalam menjalankan kontrak rekayasa, pengadaan, dan konstruksi di Blok Liman. Pengiriman gas perdana akan dilakukan pada Oktober tahun depan.

"Setelah proyek ini selesai kami berharap perusahaan dapat menjadi produsen gas terbesar di Jawa Timur, sehingga kami bisa berkontribusi lebih banyak dalam menyuplai gas di wilayah tersebut," kata Kang An.

Baca juga: PGN sepakati sembilan penjanjian jual beli gas
Baca juga: IOG 2021 hasilkan 41 kesepakatan migas senilai 3,62 miliar dolar AS
Baca juga: Pemerintah kaji insentif fiskal untuk industri hulu migas

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sektor migas masih topang ekonomi Riau di 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar