Jakarta (ANTARA) - Xiaomi mengonfirmasi bahwa smartphone unggulan mereka yang akan datang di bawah seri Xiaomi 12 akan ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Poster teaser yang dibagikan oleh perusahaan mengklaim bahwa Xiaomi 12 akan menjadi smartphone pertama yang melakukan debut dunia dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1, tetapi tanggal peluncuran resminya masih belum terungkap.

Dalam unggahan lain di Twitter, Xiaomi membagikan video teaser yang mengonfirmasi bahwa ponsel unggulan seri Xiaomi 12 telah memasuki fase produksi massal dan perusahaan memamerkan bagian dari proses produksi.

Sementara itu, Motorola telah mengonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan smartphone unggulan Moto Edge X30 di China pada 9 Desember, dan ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Qualcomm resmi meluncurkan prosesor smartphone generasi berikutnya yang dijuluki sebagai Snapdragon 8 Gen 1, menjadikannya produk pertama dari perusahaan yang mengikuti skema penamaan baru.

Qualcomm telah mengungkapkan daftar merek yang mendaftar untuk meluncurkan perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1, di antaranya Black Shark, Honor, iQOO, Motorola, Nubia, OnePlus, OPPO, Realme, Redmi, SHARP, Sony Corporation, Vivo , Xiaomi, dan ZTE.

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 diproduksi menggunakan proses 4nm oleh Samsung pada arsitektur Armv9. Chipset ini mengemas satu inti utama Cortex-X2 pada 3GHz, tiga inti kinerja Cortex-A710 pada 2,5GHz, dan empat inti efisiensi Cortex-A510 pada 1,8GHz.

Chipset ini diklaim menawarkan kinerja hingga 20 persen lebih baik dan hingga 30 persen lebih hemat daya daripada Snapdragon 888.

Snapdragon 8 Gen 1 memiliki GPU Adreno baru yang dijanjikan untuk menawarkan rendering grafis 30 persen lebih cepat, di samping efisiensi daya 25 persen lebih baik, demikian Gizmochina dikutip Kamis.



Baca juga: Xiaomi akan rilis dua ponsel seri Xiaomi 12 di Desember 2021

Baca juga: Xiaomi 12 Ultra akan dilengkapi dengan kamera Leica

Baca juga: Xiaomi Mi 11 dilaporkan mulai menerima MIUI 12.5

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021