Menkes: Transformasi teknologi kesehatan salah satu fokus pemerintah

Menkes: Transformasi teknologi kesehatan salah satu fokus pemerintah

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin dalam acara Google for Indonesia 2021 yang dihelat daring pada Kamis (2/12/2021). ANTARA/TL/Arnidhya Nur Zhafira/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengatakan transformasi teknologi kesehatan menjadi salah satu fokus pemerintah saat ini, terutama di masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Google ajak pengguna peduli dengan "kesehatan digital"

"Pak presiden memberi tugas ke saya ada tiga. Yang pertama, adalah melaksanakan vaksinasi, mengatasi pandemi, dan melakukan reformasi serta transformasi besar di sektor kesehatan -- transformasi teknologi kesehatan," kata Menkes Budi dalam paparannya pada siaran daring, Kamis.

Lebih lanjut, Budi mengatakan dengan adanya sokongan teknologi digital seperti kecerdasan buatan (AI), big data, hingga Internet of Things (IoT) akan mengubah kegiatan di sektor kesehatan secara drastis.

"Dengan bantuan AI, big data, IoT, itu akan mengubah drastis konstelasi industri kesehatan, mulai dari sisi diagnosis, testing, screening, semuanya akan berubah termasuk delivery-nya," kata Menkes.

"Saat ini memang kita masih banyak melihat pemain di (sektor) delivery seperti telemedisin, teleconsultation. Tapi, dengan data integrasi yang nanti rencananya akan kita lakukan, diharapkan ribuan bahkan jutaan CT Scan bisa masuk, puluhan juta data MRI bisa masuk. Dan ini sangat membantu machine learning dan AI yang jago juga akan sangat membantu itu," paparnya.

Ia pun berharap peran perusahaan teknologi bisa semakin memasyarakatkan dan mempermudah publik mengakses layanan kesehatan.

"Kita banyak memakai cloud services, maps, dan saya berharap komunikasi bisa dibantu. Misalnya lewat YouTube juga untuk mensosialiasikan, mengedukasi, dan mempromosikan (industri, layanan) kesehatan. Sehingga (informasi kesehatan) bukan hanya didapatkan lewat buku dan koran, tapi juga bisa lewat Google, YouTube," ujar mantan wakil menteri BUMN tersebut.

Sebelumnya pada Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 pekan lalu, Menkes mengatakan teknologi kesehatan menjadi salah satu pilar dalam transformasi digital yang merujuk pada 5 sasaran Jaminan Kesehatan Nasional.

Terkait teknologi kesehatan, saat ini Kementerian Kesehatan tengah menyusun tiga proyek integrasi yakni: Sistem Data, Aplikasi Pelayanan dan Pengembangan Ekosistem.


Baca juga: Kominfo ajak industri eHealth diskusi optimalkan kesehatan digital

Baca juga: BPJS Kesehatan libatkan Good Doctor tingkatkan informasi JKN-KIS

Baca juga: Pandemi dorong BPJS Kesehatan hadirkan inovasi dalam pelayanan digital

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menkes sebut transisi peneliti sebabkan anggaran kurang terserap

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar