Indonesia Tuan Rumah Global Spa Summit

Indonesia Tuan Rumah Global Spa Summit

Sapta Nirwandar. (FOTO.ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan tingkat dunia yang membahas tentang spa yakni Global Spa Summit yang akan diselenggarakan di Bali pada pertengahan Mei 2011.

"Global Spa Summit atau GSS merupakan event pertemuan internasional tahunan yang secara khusus mendiskusikan tentang industri spa dan kesehatan," kata Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Sapta Nirwandar, di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, event tersebut bersifat khusus dengan undangan terbatas yang diikuti para eksekutif papan atas dan para pemimpin dari seluruh dunia yang memiliki minat dalam industri spa dan kesehatan.

Kegiatan itu juga akan melibatkan delegasi lain yang berasal dari 25 negara yang bergerak di bidang industri pariwisata dan perhotelan, keuangan, kesehatan, real estate/arsitektur, manufaktur, teknologi, jasa konsultan, produk makanan, serta berbagai bidang industri terkait lain.

"Pertemuan tingkat tinggi ini bertujuan untuk memajukan industri spa dan kesehatan yang telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat dunia saat ini," katanya.

Menurut dia, di berbagai negara di dunia, spa telah menjadi bagian dari ritus perjalanan kehidupan manusia dari kecil hingga dewasa.

Sapta menambahkan, pertemuan tingkat tinggi itu juga merupakan bentuk tindak lanjut atas berbagai publikasi dan penelitian paling mutakhir tentang industri spa, misalnya Landmark Global Spa Economy Report dan Spas and The Global Wellness Market: Synergies and Opportunities.

The Global Spa Summit sebagai suatu event telah mendapat penghargaan sebagai "Spa Event of The Year" untuk 2009 dan 2010 oleh AsiaSpa Magazine`s Awards Program.

Pada konferensi spa pada 2010 di Istanbul, Turki, mampu menarik delegasi dalam jumlah besar dari 40 negara sekaligus mencatat rekor dari sisi keikutsertaan delegasi.

"Tahun ini, GSS akan digelar pertama kali di Asia, dan Bali telah memenangkan kompetisi untuk menjadi tuan rumah acara bergengsi tersebut," katanya.

Indonesia juga sekaligus menjadi platinum-level sponsor setelah melalui persaingan yang sangat ketat dengan beberapa destinasi Asia lain yang berupaya untuk menjadi tuan rumah mengundang para eksekutif industri spa dan kesehatan dari seluruh dunia.

Tema yang diangkat dalam 5th Annual Global Spa Summit 2011 di Bali adalah Engage the Chang: The Costumer. The Money. The Future.

Praktisi spa, Martha Tilaar, mengatakan, sudah saatnya Indonesia mengambil bagian yang penting dalam industri spa dunia.

"Saya sedih dan prihatin spa tidak mendapat perhatian lebih di Indonesia saat ini padahal kita memiliki potensi yang amat besar. Saya pikir ini saatnya kita bergerak untuk mengambil bagian yang penting dalam dunia spa," kata perempuan yang telah menjadi praktisi spa selama lebih dari 20 tahun itu.

(H016/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Kemendag luncurkan sistem resi gudang di BaliĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar