Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Rugby Union Indonesia (PB PRUI) Didik Mukrianto resmi menjadi Vice President Asia Rugby setelah ditetapkan dalam rapat umum tahunan dan rapat anggota Asia Rugby di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis.

Sebelumnya, pria asal Magetan yang baru saja terpilih kembali menjadi Ketua Umum PB PRUI periode 2021-2025 itu merupakan nominator tunggal Vice President Asia Rugby 2021-2023.

Pria yang juga menjabat Ketua Umum Nasional Karang Taruna Indonesia itu pun mengaku sangat mengapresiasi kinerja seluruh pengurus PB PRUI karena berkat kerja keras para anggota dari akar rumput hingga nasional, Rugby Indonesia dikenal di kawasan Asia, tak terkecuali dunia.

"Kepercayaan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh pengurus PB PRUI, pengurus Provinsi, pengurus kabupaten atau kota, klub-klub Rugby, atlet dan segenap insan Rugby Indonesia" kata Didik Mukrianto dalam keterangan resminya, Kamis.

"Development dan progres Rugby Indonesia dinilai menjadi bagian penting dari perkembangan Asia Rugby maupun World Rugby," tambahnya.

Baca juga: Didik Mukrianto kembali pimpin Rugby Indonesia 2021-2025 

Pria berusia 47 tahun ini menyebutkan hasil yang dipetik saat ini merupakan sebuah kepercayaan dari induk organisasi rugby Asia. Jadi, bukan hanya terkait dengan pembinaan relasi maupun prestasi di bidang olahraga.

Didik menyebut banyak manfaat yang didapat dari perkembangan olahraga yang dikelola dengan baik, apalagi mengenai relasi yang berkaitan erat dengan diplomasi antar negara di seluruh dunia.

Khususnya, mengenai penilaian negara asing terhadap Indonesia sebagai negara yang aman dan damai di tengah lonjakan kasus COVID-19 di beberapa kawasan Asia Tenggara.

"Kami ikhtiarkan juga Rugby Indonesia menjadi bagian dari soft diplomasi melalui olahraga, untuk terus merepresentasikan Indonesia sebagai negara besar dan kuat, yang cinta damai, serta menjunjung tinggi demokrasi dan hak asasi manusia," pungkas Didik. 

Baca juga: Tuan rumah raih emas rugby 7S setelah kalahkan DKI Jakarta 
Baca juga: Pelatih rugby sampaikan ucapan terimakasih ke masyarakat Papua 

 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021