Wagub NTB minta IPCN bantu bangkitkan perekonomian

Wagub NTB minta IPCN bantu bangkitkan perekonomian

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Hj Sitti Rohmi Djalilah (kiri dua), bersama Ketua Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN) Beni Syarifuddin (kanan tiga), membuka Musyawarah Nasional IPCN, di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Kamis (2/12/2021). ANTARA/Awaludin

Mau tidak mau, kita sadari bahwa perkembangan dari perusahaan kargo luar biasa pesat di masa digital sekarang ini, sehingga perlu menjaga dan meningkatkan kualitas layanan
Lombok Barat (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Hj Sitti Rohmi Djalilah meminta pengusaha kargo yang terhimpun dalam Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN) ikut membantu membangkitkan ekonomi NTB yang terdampak pandemi COVID-19.

"Saya berharap IPCN memberikan kontribusi terhadap ekonomi NTB, terutama dari sisi penyerapan tenaga kerja," katanya di hadapan peserta Musyawarah Nasional (Munas) IPCN, yang digelar di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Kamis.

Ia juga berpesan kepada pengusaha untuk meningkatkan kualitas layanan, terutama bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang memasarkan produknya secara daring sehingga mengirim barang ke berbagai daerah dan luar negeri menggunakan jasa kargo.

"Mau tidak mau, kita sadari bahwa perkembangan dari perusahaan kargo luar biasa pesat di masa digital sekarang ini, sehingga perlu menjaga dan meningkatkan kualitas layanan," ujar Rohmi.

Ketua IPCN Beni Syarifuddin menyebutkan sebanyak 130 orang anggotanya dari 32 provinsi di Indonesia mengikuti musyawarah nasional.

Pihaknya memilih Pulau Lombok sebagai lokasi penyelenggaraan acara karena kondisi pandemi COVID-19 yang mulai mereda sehingga bisa menjadi momentum untuk bangkitnya ekonomi Indonesia.

"Kami juga memilih Pulau Lombok karena sudah punya sirkuit balap motor untuk MotoGP," katanya.

Lombok, kata dia, juga memiliki sejarah bagi IPCN, yakni ketika terjadi gempa bumi pada 2018, IPCN berkontribusi mengirimkan bantuan sebanyak 60 truk secara gratis.

Sementara itu, Ketua Panitia Munas IPCN Agussalim Harahap mengatakan pelaksanaan musyawarah nasional yang pertama akan berlangsung selama empat hari yang diisi dengan berbagai kegiatan, di samping pemilihan ketua umum yang menjadi inti acara.

Pihaknya juga mengagendakan kunjungan ke kawasan wisata Gili Trawangan di Kabupaten Lombok Utara, serta mengunjungi Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, sambil menginap dan menikmati keindahan alam Pantai Kuta Lombok.

Dalam acara tersebut, kata dia, pihaknya juga memberikan kesempatan kepada mitra kerja untuk memberikan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsinya yang berkaitan dengan aktivitas pengiriman barang melalui jasa kargo.

Para mitra kerja IPCN yang menyampaikan materi, yakni Kepala Dinas Perdagangan NTB Fathurrahman, Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti, dan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Kepolisian Daerah NTB Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana Putra.

Baca juga: Garuda Indonesia integrasikan layanan kargo melalui jalur darat

Baca juga: CKB hadirkan layanan kargo baru Jakarta - Surabaya - Balikpapan

Baca juga: Citilink luncurkan aplikasi digital betterFly Cargo

 

Pewarta: Awaludin
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Banjir terjang 6 kecamatan di Pulau Lombok

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar