Jakarta (ANTARA) - Manchester United (MU) memenangi laga sengit kontra Arsenal dengan skor 3-2 dalam pertandingan pekan ke-14 Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Kemenangan itu dibukukan MU di hadapan Ralf Rangnick yang tampak menonton langsung di tribun VIP Old Trafford, jelang melakoni tugasnya sebagai pelatih interim.

Rangnick baru mengantungi izin kerja beberapa jam sebelum sepak mula, sehingga MU masih didampingi Michael Carrick di tepi lapangan.

Baca juga: Izin kerja rampung, Ralf Rangnick sudah bisa mulai latih Man United
Baca juga: Carrick masih menjadi pelatih kepala ketika Man United jumpa Arsenal


Tuan rumah tertinggal lebih dulu pada menit ke-12 setelah kiper David de Gea dijatuhkan oleh rekannya sendiri, Fred, kala mengantisipasi sepak pojok yang berakhir dengan sepakan apik Emile Smith Rowe menyelesaikan umpan Mohamed Elneny.

VAR sempat meninjau tayangan ulang gol tersebut untuk memastikan bahwa tidak ada pemain Arsenal yang melakukan pelanggaran terhadap De Gea dalam proses terjadinya gol.

Sejak gol itu, MU lebih banyak menguasai laga tapi Arsenal nyaris menggandakan keunggulan melalui aksi Martin Odegaard mengelabui Harry Maguire dan melepaskan umpan kepada Gabriel Martinelli, tapi talenta Brazil itu membuang sia-sia peluang tersebut pada menit ke-38.

Kegagalan itu harus dibayar mahal sebab pada menit ke-44 Bruno Fernandes mampu mencetak gol penyama kedudukan dengan tembakan menyilangnya yang gagal dihentikan sempurna oleh kiper Aaron Ramsdale dan skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Baca juga: Dani Olmo ingin pindah ke MU

Babak kedua dibuka dengan penjaga gawang masing-masing tim unjuk kemampuan, De Gea mementahkan peluang Gabriel Magalhaes dalam situasi sepak pojok, sedangkan Ramsdale menghalau tembakan sudut sempit Cristiano Ronaldo.

Pada menit ke-52, Ronaldo sukses membawa MU berbalik memimpin dengan tendangan sentuhan pertama untuk menyelesaikan umpan tarik kiriman Marcus Rashford.

Namun, keunggulan tuan rumah hanya bertahan seumur jagung, sebab dua menit kemudian Odegaard mengoyak gawang tuan rumah memanfaatkan umpan akurat dari Martinelli.

MU kemudian memperoleh hadiah tendangan penalti pada menit ke-69 setelah wasit Martin Atkinson dianjurkan VAR untuk mendatangi monitor tepi lapangan untuk meninjau insiden pelanggaran Odegaard terhadap Fred di dalam kotak terlarang.

Baca juga: Ralf Rangnick: saya senang bergabung dengan Manchester United

Ronaldo yang menjadi algojo secara percaya diri melepaskan eksekusi penalti yang lurus ke tengah gawang, sementara Ramsdale melompat ke kiri dan MU sukses merestorasi keunggulan pada menit ke-70.

Kapten Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang berusaha membuat kedudukan imbang lagi tapi tembakan volinya bisa diamankan De Gea, sementara Fred melakukan halauan krusial untuk menghalau sepakan melengkung Bukayo Saka dan skor 3-2 mampu dipertahankan MU hingga bubaran.

Hasil itu jadi kemenangan pertama MU sejak memecat Ole Gunnar Solskjaer dan mereka naik ke posisi ketujuh klasemen dengan koleksi 21 poin.

Sedangkan Arsenal membuang sia-sia kesempatan masuk ke empat besar dan tertahan di urutan kelima dengan 23 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

MU selanjutnya akan menjamu Crystal Palace di Old Trafford dan akan didampingi oleh Rangnick sebagai laga debutnya pada Minggu (5/12), sedangkan sehari kemudian Arsenal bakal bertandang ke Goodison Park menghadapi Everton.

Baca juga: Aston Villa-nya Steven Gerrard tak mampu bendung Manchester City
Baca juga: Liverpool perkasa kuasai Derbi Merseyside saat bekuk Everton 4-1


 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021