Surabaya (ANTARA News) - Jalasenastri Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir menggelar lomba tari kreasi antar-Cabang Korcab Pasmar-1 di Gedung Balai Prajurit R. Suhadi Brigif-1 Marinir, Gedangan, Sidoarjo, Kamis.

Staf Penerangan Pasmar-1 Pratu Mar Diyat Akmal menjelaskan lomba tari kreasi antar-Cabang Korcab Pasmar-1 itu diikuti enam tim.

"Setiap tim beranggotakan 4-6 orang dan setiap tim diberi kesempatan tampil 5-8 menit," katanya.

Dalam lomba itu, kriteria penilaian dilihat dari gerak, irama, kreativitas dan kostum oleh tiga dewan juri dari Asosiasi Pelatih Tari Jawa Timur yang terdiri atas Dra. Agustin Handayani, Rini Astuti SP dan Iskandar SH.

Tepuk tangan dan sorak sorai penonton menambah semangat goyangan para peserta tari kreasi itu, apalagi ditambah dengan gaya yang lucu ketika salah satu tim mengenakan kacamata hitam semua yang mengundang tawa para penonton.

Ketiga juri pun bingung untuk menentukan pemenangnya karena semua tim yang tampil memiliki kekompakan dan kreativitas yang tinggi.

Akhirnya, juaranya adalah Tim Cabang 4 dari Menart-1 Mar dengan perolehan nilai 936 yang membawakan tari Kondrang Banyuwangi.

Pemenang kedua diraih Cabang 6 PG Kormar dari Lanmar Sby dengan nilai 917 yang membawakan Tari Gelang Soko, sedangkan pemenang ketiga Cabang 2 dari Brigif-1 Mar dengan nilai 895 yang membawakan tari Umbul-umbul Karapan Madura.

Piala diserahkan langsung oleh Ketua Korcab Pasmar-1 Ny. Faridz Washington ditambah uang pembinaan sebesar Rp1 juta untuk juara pertama, Rp750 ribu untuk pemenang kedua dan Rp500 ribu untuk pemenang ketiga.(*)

(T.E011/I007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011