Pemprov DKI-MRT luncurkan layanan digital bagi penyandang disabilitas

Pemprov DKI-MRT luncurkan layanan digital bagi penyandang disabilitas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) ketika meluncurkan fasilitas ramah bagi penyandang disabilitas di Stasiun MRT Jakarta Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (3/12/2021). ANTARA/HO-Humas Pemprov DKI Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama PT Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta meluncurkan layanan fasilitas digital bagi penyandang disabilitas di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Kami memiliki komitmen untuk memberikan fasilitas yang setara bagi seluruh warga. Sebagian dari warga kita membutuhkan pelayanan khusus, seperti saudara kita penyandang disabilitas," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Proyek MRT, pemindahan Tugu Jam Thamrin ke Monas bertahap

Fasilitas yang disediakan bagi penyandang disabilitas itu adalah Digital Intelligent Assistant (Dina).

Melalui Dina, penumpang disabilitas dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi di antaranya adanya teknologi panggilan melalui video atau video call.

Nantinya, operator yang bertugas pada pusat operasi misalnya di Stasiun Bundaran HI bisa berkomunikasi langsung dengan penumpang penyandang disabilitas.

Peluncuran fasilitas tersebut juga sekaligus memperingati Hari Disabilitas Internasional, Anies mengingatkan warga Jakarta agar menghindari sikap memiliki kelebihan di atas para penyandang disabilitas.

Baca juga: MRT mulai bangun kawasan transit Lebak Bulus pada Desember 2021

"Semua memiliki kesetaraan, kesamaan, hanya terdapat kebutuhan yang berbeda-beda. Nah, prinsip ini yang diadopsi di Jakarta. Maka dari itu, saya apresiasi MRT yang sudah memfasilitasi," ujar Anies.

Sementara itu, menurut Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar menjelaskan ada tiga stasiun yang menerapkan layanan Dina, yakni Stasiun Lebak Bulus, Blok M, dan Bundaran HI.

William menuturkan MRT Jakarta akan menerapkan layanan ramah disabilitas ini di seluruh stasiun.

"Kami memfungsikan layanan digital yang ramah disabilitas yang kita sebut dengan nama Dina. Inisiatif ini pertama di Indonesia, dan di dunia baru ada tiga negara yang mengaplikasikan, yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Hong Kong," tutur William.

Baca juga: Ini target jumlah penumpang MRT tahun depan

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Alumni Akabri 96 fasilitasi vaksinasi siswa disabilitas di Kota Serang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar