London (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Yuri Octavia Thamrin tercatat sebagai salah satu dari 1900 yang mendapat undangan untuk menghadiri upacara pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton di Westminster Abbey, London, Jumat.

"Saya diundang untuk hadir dalam upacara di Westminster Abbey dan kemudian ada resepsi di Lanchester House dengan tuan rumah Menlu William Hague," ujar Yuri Thamrin kepada koresponden Antara London, Kamis.

Ia mengakui bahwa ia tidak punya data orang Indonesia lainnya yang diundang menghadiri pernikahan pangeran William dan Kate.

Untuk menghadiri acara pernikahan itu, ia harus datang ke Chelsea Royal Hospital. Dari sana, ia akan berangkat ke tempat acara dengan menumpang bus yang disediakan panitia pernikahan.

Sekitar 1.900 undangan telah mengkonfirmasi untuk menghadiri pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, diantaranya penyanyi Elton John dan pasangan David dan Victoria Beckham.

Daftar tamu bagi perkawinan kerajaan Inggris telah memicu kontroversi setelah raja dan pengeran dari negara-negara dengan catatan hak asasi manusia buruk diundang, tapi dua mantan perdana menteri Inggris malah tidak diundang.

Kelompok-kelompok HAM mengkritik Pangeran William dan Kate Middleton karena mengundang pangeran asing dari Bahrain, Swaziland dan negara lain tempat pemerintah telah menindas dengan keras aksi protes pro-demokrasi dalam beberapa pekan belakangan ini.

Surat kabar-surat kabar Inggris menunjukkan mantan perdana menteri Tony Blair dan Gordon Brown tak terdapat dalam daftar yang dikeluarkan akhir pekan itu, sementara mantan pemimpin Konservatif Margaret Thatcher dan John Mayor diundang.

Sementara itu, KBRI London bersama dengan para pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPI UK tidak mau ketinggalan untuk  menyaksikan  pernikahan akbar keluarga kerajaan Inggris tahun ini.

Mereka telah mematok pasak tenda di depan Westminster Abbey sejak pukul enam pagi pada 28 April, satu hari sebelum prosesi pernikahan berlangsung.

Ratusan tenda berdiri di atas trotoar di seberang gereja yang akan menjadi tempat pemberkatan pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William sebelum acara berlangsung sejak pukul empat dini hari pada 28 April.

Westminster Abbey menjadi tempat publik pertama yang dilewati kedua mempelai setelah mereka resmi menjadi suami istri.

Menurut sekretaris PPI UK Rida Selviana, dari Westminister pasangan yang bertemu pertama kali di St Andrew akan melakukan prosesi menuju Buckingham Palace. Oleh karena itu, ratusan anggota masyarakat rela menunggu semalaman agar dapat melihat mereka melewati kerumunan.

"Memang tujuan kita kesini agar dapat foto-foto bagus dari dekat," ujar Rida Selviana, sekretaris PPI UK. Walaupun udara London di malam hari masih cukup dingin, sekitar delapan derajat Celcius, tenda pelajar indonesia yang diselimuti bendera merah putih diwarnai canda tawa.
(*)



 



Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011