Atdikbud Canberra berikan penghargaan kepada siswa Melrose High School

Atdikbud Canberra berikan penghargaan kepada siswa Melrose High School

Atase pendidikan dan kebudayaan (Atdikbud) Republik Indonesia (RI) di Canberra Mukhamad Najib saat menghadiri acara wisuda Melrose High School, Canberra, Australia pada Jumat (3/12/2021). ANTARA/ Dokumentasi KBRI Canberra.

Terima kasih atas penghargaan ini, saya senang belajar bahasa Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Atase pendidikan dan kebudayaan (Atdikbud) Republik Indonesia di Canberra Mukhamad Najib memberikan penghargaan kepada siswa yang selesai belajar bahasa Indonesia di Melrose High School, Canberra, Australia.

Mukhamad Najib menghadiri acara wisuda Melrose High School, Canberra, Australia pada Jumat (3/12) untuk memberikan penghargaan kepada para siswa yang telah selesai belajar bahasa Indonesia.

Penghargaan juga diberikan kepada siswa terbaik dari kelas bahasa Indonesia, demikian keterangan dari KBRI Canberra yang diterima di Jakarta, Jumat.

Melrose High School merupakan salah satu sekolah di Canberra yang membuka pelajaran bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran pilihan bagi siswa-siswanya. Setiap tahun selalu ada siswa yang berminat untuk belajar bahasa Indonesia.

Baca juga: Indonesia-Australia tingkatkan kerja sama pengajaran bahasa

Disebutkan oleh Rebecca Battaglini, guru bahasa Indonesia di Melrose High School, saat ini cukup banyak kelas bahasa Indonesia yang diampu. Hal ini menandakan minat terhadap bahasa Indonesia di Melrose High School masih cukup baik.

“Saya mengajar lima kelas Bahasa Indonesia di sekolah, saya berharap tahun depan lebih banyak lagi siswa yang berminat belajar bahasa Indonesia,” ungkap Rebecca.

Dukungan kepala sekolah untuk pelajaran bahasa Indonesia juga cukup baik. Simon Vaugan, kepala sekolah Melrose High School, menyebutkan bahwa ada beberapa mata pelajaran bahasa asing di Melrose High School yang bisa dipilih oleh siswa, salah satunya adalah bahasa Indonesia.

“Kami memberi kesempatan kepada perwakilan dari kedutaan besar masing-masing yang bahasanya dipelajari di sekolah ini untuk memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi," ujar Simon.

Prestasi terbaik untuk siswa yang belajar bahasa Indonesia pada 2021 ini diberikan kepada Sarah Mathew. Murid dari Rebecca ini dinilai cemerlang dalam mempelajari bahasa Indonesia. Dia bersemangat dan menunjukkan capaian yang terbaik di antara teman-teman lainnya dalam kelas bahasa Indonesia. Sarah pun fasih berbicara Indonesia.

Baca juga: Bahasa Indonesia di Australia makin populer

“Terima kasih atas penghargaan ini, saya senang belajar bahasa Indonesia”, tutur Sarah dalam bahasa Indonesia yang lancar saat menerima penghargaan dari Atdikbud.

Atdikbud Najib menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk kecil apresiasi bagi siswa-siswa yang telah menyelesaikan kelas bahasa Indonesia.

Najib mengucapkan terima kasih kepada para siswa karena telah memilih bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran pilihan mereka.

“Bahasa Indonesia ke depan akan menjadi bahasa yang penting bagi hubungan bilateral Indonesia-Australia maupun hubungan antarnegara di kawasan, oleh karena itu sangat penting bagi siswa Australia untuk mempelajari bahasa Indonesia," jelas Najib.

Menurut Najib, bahasa adalah jembatan untuk bisa berinteraksi mengenal budaya dari suatu negara. Bahasa dan budaya membuka peluang terbangunnya persahabatan yang semakin erat antara kedua negara.

Oleh karena itu, Najib berharap bahasa Indonesia akan selalu menjadi pilihan bagi siswa-siswa di Melrose High School pada masa-masa yang akan datang.

Pada tahun ini ada 9 siswa kelas bahasa Indonesia di Melrose High School yang mendapatkan penghargaan dari KBRI Canberra. Ke depan Najib berencana akan meningkatkan penghargaan ini agar dapat lebih memotivasi siswa-siswa di sekolah untuk belajar bahasa Indonesia.

“Sebagai apresiasi kepada mereka yang mau mempelajari bahasa Indonesia, maka tahun depan kantor Atdikbud Canberra akan memperluas pemberian penghargaan ini ke sekolah-sekolah lain, dan akan meningkatkannya bukan hanya untuk siswa, tapi juga untuk guru-guru yang telah berjasa dalam mengajarkan dan mengembangkan bahasa Indonesia di Australia," tutur Najib.

Baca juga: Pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Australia dibahas

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kota Singkawang rawat toleransi multietnik dalam bingkai NKRI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar