Nestle beri penghargaan kepada mitra peternak sapi perah di Jawa Timur

Nestle beri penghargaan kepada mitra peternak sapi perah di Jawa Timur

Mitra peternak sapi perah binaan Nestlé Indonesia. (ANTARA/HO-Nestlé Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Produsen makanan dan minuman Nestlé Indonesia pada Jumat memberikan penghargaan kepada para peternak mitra sapi perah yang telah menyediakan bahan baku untuk kebutuhan produksi pabrik di Jawa Timur.

“Sebagai tanda apresiasi dan merayakan 50 tahun Nestlé di Indonesia, hari ini kami memberikan penghargaan kepada koperasi dan kelompok peternak serta peternak sapi perah yang telah bekerja sama dalam memasok susu sapi berkualitas,” kata Presiden Direktur Nestlé Indonesia Ganesan Ampalavanar saat konferensi pers virtual pada Jumat.

Baca juga: Nestle bersiap transisi ke sistem pangan regeneratif

Ia mengatakan pihaknya berterima kasih atas kontribusi peternak selama ini. Ia juga berharap kemitraan antara Nestle Indonesia dan peternak sapi di Jawa Timur dapat diteruskan dan berjalan untuk jangka panjang.

Ganesan menyebutkan Nestlé Indonesia telah membeli lebih dari 750.000 liter susu segar setiap hari dari 27.000 peternak sapi perah yang tergabung di 40 koperasi dan kelompok peternak di 16 kabupaten di Jawa Timur.

Ia melanjutkan jumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan bahan baku susu segar bagi pabrik Nestlé Kejayan di Jawa Timur yang menghasilkan sejumlah produk susu, seperti susu cair Bear Brand dan susu bubuk Dancow.

“Setiap tahun, Nestlé Indonesia membayar sekitar Rp1,6 triliun untuk pembelian susu segar kepada para peternak sapi perah di pedesaan, yang mendukung pembangunan ekonomi pedesaan dan penghidupan para peternak sapi perah,” kata Ganesan.

Nestlé Indonesia, lanjutnya, juga telah berfokus untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja serta menggunakan sebanyak mungkin bahan baku setempat.

Ganesan menyebutkan Nestlé Indonesia telah bermitra dengan peternak sapi perah di Jawa Timur sejak 1975 dengan memberikan pendampingan teknis dan bantuan lainnya untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi susu segar serta memastikan keberlanjutan lingkungan.

Melalui Milk Procurement and Dairy Development (MPDD), Nestlé Indonesia telah membina 27.000 peternak sapi di Jawa Timur, dengan memberikan pelatihan tentang praktik peternakan sapi perah yang baik dan berkelanjutan.

Nestlé Indonesia juga membangun 8 akses air bersih di daerah peternakan sapi perah di Jawa Timur untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat, tidak hanya untuk area peternakan saja.

“Kemitraan ini merupakan wujud nyata keyakinan kami bahwa untuk mencapai sukses jangka panjang, masyarakat sekitar di mana kami beroperasi juga harus sejahtera. Kami berharap kemitraan antara Nestlé Indonesia dan peternak sapi setempat dapat terus berjalan dengan baik,” kata Ganesan.


Baca juga: Hasilkan inovasi gizi MILO Less Sugar hadir tanpa tambahan gula pasir

Baca juga: Kemitraan Nestle & petani diharapkan pacu produksi kopi berkualitas

Baca juga: Nestle Milo siap bantu publikasikan PON Papua

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pandeglang ingin bangun kawasan ternak sapi perah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar