Kemenag Sulsel sebut 3.000 calon jamaah umrah siap diberangkatkan

Kemenag Sulsel sebut 3.000 calon jamaah umrah siap diberangkatkan

Arsip - Sejumlah calon jamaah umrah berswafoto sebelum menaiki pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (1/11/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.

Daftar jamaah yang sudah melunasi di Sulsel kurang lebih tiga ribu orang jamaah
Makassar (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan menyatakan 3.000 calon jamaah umrah sudah melunasi biaya sehingga siap diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Daftar jamaah yang sudah melunasi di Sulsel kurang lebih tiga ribu orang jamaah, mereka siap diberangkatkan," sebut Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel H Ali Yafid saat dihubungi di Makassar, Jumat.

Ia menjelaskan dari data tercatat ada 30 ribuan calon jamaah umrah di Sulsel yang baru mendaftar, sementara yang sudah melunasi untuk mengikuti ibadah umroh lebih dari 3.000 orang jamaah.

Baca juga: Pelaksanaan umrah masih terkendala e-visa yang masih belum terbaca

"Pastinya masuk catat kami itu lebih tiga ribu. Termasuk yang telah terdaftar pemberangkatan sejak Februari 2020. Sudah ada list yang sudah melunasi," tuturnya.

Ali menyebutkan Pemerintah Arab Saudi telah memberi lampu hijau izin pelaksanaan ibadah umrah.

Ia menyebutkan sejalan dengan arahan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Kanwil Kemenag Sulsel melaporkan jumlah jamaah umrah termasuk daftar jamaah yang sudah melunasi maupun yang belum.

Baca juga: KJRI: Penemuan varian Omicron tak pengaruhi kebijakan Saudi soal umrah

Sebab, jamaah yang akan diberangkatkan pada Februari tahun 2020, dibatalkan pihak Pemerintah Arab Saudi belum mengizinkan karena jumlah kasus COVID-19 cukup tinggii saat itu dan baru dibuka kembali pada 1 Desember 2021.

Mengenai persyaratan calon jamaah mengingat saat ini masih pandemi, kata dia, tetap mengikuti regulasi Kementerian Agama, melalui Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah dan Penyelenggaraan Haji Khusus.

Baca juga: Wali Kota Bandung pastikan karantina diterapkan bagi jamaah umrah

Kemudian, PMA Nomor 5 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah dan Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus, serta skenario pemberangkatan jamaah.

"Menteri Agama sudah sampaikan itu. Dan ini baru dibicarakan skenario pemberangkatan umrah," ujarnya.

Baca juga: Kemenag telah siapkan skenario pemberangkatan jamaah umrah

Baca juga: Kelancaran pelaksanaan umrah jadi pertimbangan penyelenggaraan haji

​​​​​​

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar