Pengerjaan beton tanggul Kali Baru Kramat Jati tahun depan

Pengerjaan beton tanggul Kali Baru Kramat Jati tahun depan

Kondisi tanggul Kali Baru di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta, Jumat (3/12/2021). ANTARA/HO-Kecamatan Kramat Jati.

menganggarkan pekerjaan tersebut, sepanjang 1,5 kilometer
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur akan melakukan pekerjaan pembetonan tanggul Kali Baru Pengerjaan di kawasan Hek, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, tahun depan karena harus melalui proses perencanaan anggaran di Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA).

"Terkait pekerjaan beton, Kasatpel SDA menyampaikan bahwa Sudin SDA dalam anggaran 2022 akan menganggarkan pekerjaan tersebut, sepanjang 1,5 kilometer," kata Camat Kramat Jati Rudy Syahrul kepada pers, di Jakarta, Jumat.

Rudy mengatakan saat ini perbaikan sementara tanggul Kali Baru itu dilakukan dengan memasang cerucuk dolken dan bronjong di bagian yang amblas.

Dia mengatakan perbaikan sementara sudah mencapai 80 persen.

Perbaikan sementara itu dilakukan untuk mencegah aliran Kali Baru merembes dari celah tanggul yang dapat mengakibatkan permukiman warga Kelurahan Tengah dan Jalan Raya Bogor kembali terendam banjir.

"Pekerjaan ditangani tenaga kerja dari pihak Satpel SDA Kecamatan, dengan bahan material dari Sudin SDA," ujar Rudy Syahrul.

Sebelumnya, tanggul Kali Baru di kawasan Hek, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur amblas pada Senin (8/11) sekitar pukul 03.00 WIB akibat hujan deras dan kiriman air dari Bogor.

Akibat jebolnya tanggul aliran Kali Baru, permukiman warga di RT 01, RT 03, RT 04, dan RT 10/RW 01 mengalami banjir dengan ketinggian berkisar 10 hingga 50 sentimeter.

Tidak hanya permukiman warga RW 01, Jalan Raya Bogor yang berada di sisi kanan Kali Baru wilayah Kelurahan Tengah juga terendam banjir dengan ketinggian sekitar 30 sentimeter.

Baca juga: Jakarta Timur perbaiki tanggul Kali Baru
Baca juga: Anggota DPRD: ada saluran air kecil luput dari perhatian Pemprov DKI

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pengamat: Sumur resapan bukan solusi atasi banjir di Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar