Anies ingin transportasi umum jangkau warga disabilitas

Anies ingin transportasi umum jangkau warga disabilitas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat Webinar Inklusifest 2021 secara virtual di Jakarta, Jumat (3/12/2021). ANTARA/Mentari Dwi Gayati.

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berupaya agar transportasi umum di Ibu Kota tidak hanya menjangkau setiap titik kota, tetapi juga seluruh lapisan warga terutama penyandang disabilitas.

Hal itu disampaikan Anies saat Webinar Inklusifest 2021 bertemakan "Konektivitas transportasi publik yang memanusiakan disabilitas" dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional.

Baca juga: Pemprov DKI-MRT luncurkan layanan digital bagi penyandang disabilitas

"Kita akan terus ikhtiarkan agar transportasi umum di Jakarta dapat menyambungkan seluruh warganya, dari mana saja, ke mana saja, sehingga akses yang setara bagi seluruh warga dipastikan tersedia, dan semua terlayani, khususnya teman-teman disabilitas" kata Anies dalam webinar secara virtual di Jakarta, Jumat.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan bahwa Jakarta terus berupaya agar masyarakat Ibu Kota dan sekitarnya dapat menjadi pelanggan setia transportasi massal.

Menurut Anies, salah satu aspek berjalannya transportasi publik adalah kebutuhan warga, khususnya warga disabilitas dapat terfasilitasi dengan baik.

"Karena itu, kami merasa perlu sekali untuk selalu melibatkan teman-teman semua dalam perencanaan pembangunan di Jakarta," ujar Anies.

Baca juga: Petugas izinkan pesepeda disabilitas melintas di Thamrin-Sudirman

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta bersama PT MRT Jakarta meluncurkan fasilitas digital bagi penyandang disabilitas yang disiapkan di Stasiun MRT Bundaran HI.

Fasilitas yang disediakan bagi penyandang disabilitas itu adalah Digital Intelligent Assistant (Dina).

Melalui Dina, penumpang disabilitas dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi di antaranya adanya teknologi panggilan melalui video atau video call.

Nantinya, operator yang bertugas pada pusat operasi misalnya di Stasiun Bundaran HI bisa berkomunikasi langsung dengan penumpang penyandang disabilitas.

Baca juga: Pekan CSR WIKA 2021 : Serahkan bantuan gerobak UMKM hingga alkes terpadu bagi penyandang disabilitas di Jakarta Timur

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Penataan trotoar Jakarta di 2022 diproyeksikan 40 km

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar