Gibran beri keris ke Bima Arya pada Karnaval Budaya Kongres JKPI

Gibran beri keris ke Bima Arya pada Karnaval Budaya Kongres JKPI

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kiri) usai menyerahkan keris kepada Wali Kota Bogor Bima Arya pada Karnaval Budaya di GOR Pajajaran, Jumat (3/12/2021) malam. (ANTARA/Linna Susanti)

Kota Bogor (ANTARA) - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memberikan cenderamata keris kepada Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto pada Karnaval Budaya Kongres Ke-5 Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Gelanggang Olah Raga (GOR) Pajajaran, Jumat malam.

Dengan mengenakan pakaian khas pangeran Keraton Solo yang didominasi warna hitam dan corak emas, Gibran menyerahkan keris yang dibalut sarung warna hitam kepada Bima Arya yang mengenakan pakaian pangsi dan sandal khas Sunda di tengah Lapangan Indoor A GOR Pajajaran.

Dalam gelaran budaya mulai pukul 20.30 WIB itu, Gibran dan Bima Arya, usai penyerahan cenderamata kemudian duduk berdampingan menyaksikan tarian daerah dari berbagai kota dan kabupaten yang menjadi anggota JKPI.

Gibran dan Bima Arya nampak fokus memperhatikan gelaran budaya yang ditampilkan seniman dari berbagai daerah.

Baca juga: Solo, Baubau dan 10 kota raih Pemajuan Kebudayaan Indonesia JKPI

Ratusan penonton perwakilan berbagai daerah dari 72 kota dan kabupaten anggota JKPI tertib dalam rangkaian kegiatan dengan protokol kesehatan yang ketat dengan mengenakan masker.

Musik yang nyaring diselingi riuh penonton pun terdengar di setiap penampilan tarian dari berbagai daerah.

Panitia juga menampilkan cuplikan video gelaran budaya yang pernah dilakukan di Kota Bogor serta sejumlah tempat wisata dan taman yang menjadi kebanggaan Kota Bogor.

Kongres Ke-5 JKPI di Kota Bogor dihadiri 40 kepala daerah dan sejumlah perwakilan dari berbagai daerah lainnya. Rangkaian kongres berlangsung selama 2-5 Desember 2021.

Pada hari pertama kegiatan, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengadakan acara resepsi penyambutan para delegasi daerah-daerah anggota JKPI di Balai Kota Bogor, sedangkan pada malam di Bogor Creative Center. Pada hari kedua berupa pembukaan kongres dan karnaval budaya, sedangkan hari ketiga tur kota, serta hari terakhir berupa kegiatan  memilih oleh-oleh khas Bogor dan daerah lainnya.

Baca juga: Ambon terima penghargaan kota deklarasi JKPI
Baca juga: Wali Kota Bogor gelar resepi sambut tamu delegasi JKPI
Baca juga: Sambut Kongres Kota Pusaka, Pemkot Bogor benahi Cagar Budaya Batutulis

Pewarta: Linna Susanti
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kala Presiden Jokowi berakhir pekan bersama kedua cucu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar