Atlet para-atletik Indonesia raih dua medali emas pada AYPG 2021

Atlet para-atletik Indonesia raih dua medali emas pada AYPG 2021

Tim para-atletik Indonesia berfoto bersama setelah dua wakilnya yakni Sholahuddin Al Ayyubi dan Muhamad Dimas Ubaidillah meraih emas pada perlombaan Asian Youth Para Games (AYPG) di Khalifa Sports City Stadium, Isa Town, Bahrain, Jumat (3/12/2021). ANTARA/HO-NPC Indonesia/am.

Jakarta (ANTARA) - Atlet Indonesia meraih dua medali emas pada ajang Asian Youth Para Games (AYPG) 2021 dari cabang olahraga para-atletik yang berlangsung di Khalifa Sports City Stadium, Isa Town, Bahrain, Jumat malam WIB.

Sholahuddin Al Ayyubi menjadi penyumbang emas pertama untuk skuad Merah Putih setelah menjadi yang terbaik pada disiplin tolak peluru kategori F40/41 putra.

Dari enam lemparan, atlet 17 tahun itu mencatat tolakan terbaik sejauh 8,01 meter. Hasil ini diraih pada lemparan pertama sehingga secara keseluruhan, Sholahuddin mengumpulkan 385 poin.

Dia mengalahkan atlet asal Srilanka, Jason Jayawardana dan Mahdi Ghorbani Kolanijadid dari Iran yang masing-masing membawa pulang perak dan perunggu.

Baca juga: Wakil Indonesia pada cabang boccia buka peluang raih medali AYPG 2021
Baca juga: 750 atlet bertarung di Asian Youth Para Games Bahrain 2021


"Saya sangat bahagia bisa mempersembahkan medali emas bagi negara Indonesia tercinta, terlebih lagi hari ini bertepatan dengan hari disabilitas internasional," kata Sholahuddin dalam keterangan resminya.

Sementara itu, emas kedua Indonesia disumbangkan Muhamad Dimas Ubaidillah setelah finis tercepat 58,59 detik pada nomor lari 400 meter T11 putra.

Selain meraih dua emas, pada hari pertama para-atletik Indonesia juga mampu menyumbangkan satu medali perak dan satu perunggu.

Medali perak berasal dari Firza Faturahman Listianto pada lari 400m T46 dan medali perunggu dari lari 200 m putri kategori T37 melalui Yunika Anas Tasya.

"Atlet-atlet pada hari pertama ini sangat luar biasa meskipun mereka semua atlet baru yang mengikuti event internasional. Tetapi mereka justru berlomba tanpa beban dan sangat bersemangat sehingga mampu menyumbangkan medali bagi Indonesia,” kata pelatih para-atletik, Purwo Adi Sanyoto.

Sementara itu, CdM Kontingen Indonesia, Edward Hutahayan, menyambut gembira keberhasilan atlet yang mampu merebut medali.

"Para-atletik mampu menyumbangkan dua medali emas, satu perak dan satu perunggu bagi Indonesia. Semoga medali emas ini menjadi pembuka jalan bagi keberhasilan atlet lainnya untuk merebut medali lebih banyak lagi," kata Edward Hutahayan.

Pada Sabtu, atlet Indonesia akan kembali berburu medali dari cabang olahraga para atletik, para-renang dan boccia.

Baca juga: Dua atlet para-tenis meja jadi andalan Indonesia pada AYPG 2021
Baca juga: NPC Indonesia berharap atlet muda timba pengalaman pada AYPG Bahrain

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Habib Saleh persembahkan emas paralimpik untuk cicilan rumah keluarga

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar