Wapres resmikan Monumen Pahlawan COVID-19 di Bandung

Wapres resmikan Monumen Pahlawan COVID-19 di Bandung

Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat dan Bali dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (4/12/2021). ANTARA/HO-Setwapres

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Monumen Pahlawan COVID-19 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu, sebagai penghargaan untuk masyarakat yang meninggal dunia akibat terinfeksi COVID-19.

"Selama hampir dua tahun kita berjuang bersama-sama menghadapi pandemi COVID-19, selama dua tahun tersebut kita telah kehilangan banyak saudara kita yang gugur dalam perjuangan dan pengorbanan," kata Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres juga menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian para tenaga kesehatan dan masyarakat akibat COVID-19. Monumen Pahlawan COVID-19 tersebut, lanjutnya, merupakan pengingat sejarah bahwa Indonesia pernah melewati ujian besar krisis pandemi.

Baca juga: Wapres kunjungan kerja ke Jabar dan Bali

Baca juga: Wapres minta pengetatan pintu masuk untuk cegah Omicron


"Monumen Pahlawan COVID-19 ini adalah pengingat bahwa bangsa kita pernah melewati ujian besar. Pemerintah dan masyarakat Indonesia menghadapi ujian itu dan saling percaya," jelasnya.

Monumen Pahlawan COVID-19 tersebut berada di komplek Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, yang berada di seberang Lapangan Gasibu.

Terdapat 281 nama tenaga kesehatan, aparatur sipil negara (ASN) dan relawan COVID-19 yang meninggal dunia saat menjalankan tugas dalam penanggulangan pandemi.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan peresmian Monumen Pahlawan COVID-19 tersebut bertujuan untuk menghargai para petugas garda depan penanganan pandemi di Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

"Jadi itu satu pesan bahwa kami ‘Jas Merah’, tidak pernah sekali-kali meninggalkan sejarah," ujar Ridwan Kamil.​​​​​​

Gagasan untuk membangun Monumen tersebut muncul pada saat pembangunan plaza selamat datang di komplek Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Pencantuman 281 nama warga Jawa Barat di Monumen tersebut bertujuan untuk memperingati jasa mereka karena telah berjuang dalam penanganan pandemi COVID-19.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kunjungi korban gempa Pandeglang, Wapres beri opsi relokasi 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar