Ganjar: Masyarakat diminta disiplin prokes antisipasi COVID-19 Omicron

Ganjar: Masyarakat diminta disiplin prokes antisipasi COVID-19 Omicron

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat acara penanaman bibit pohon di kawasan Hutan Pinus Setro Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (4/12/2021). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif/aa.

Alhamdulillah hingga saat ini Jateng masih aman dari penyebaran COVID-19 Omicron
Jepara (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua masyarakat di Jateng untuk tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin guna mengantisipasi penyebaran penyakit virus corona varian baru atau COVID-19 Omicron.

"Alhamdulillah hingga saat ini Jateng masih aman dari penyebaran COVID-19 Omicron. Tetapi, masyarakat harus tetap waspada," ujarnya ditemui di sela-sela kegiatan menanam bibit pohon di kawasan Hutan Pinus Setro Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Sabtu.

Selain disiplin memakai masker, rajin mencuci tangan dan menghindari kerumunan serta menjaga jarak, Ganjar juga meminta masyarakat tidak berpergian saat libur Natal dan tahun baru.

Pemprov Jateng juga sudah melakukan langkah antisipasi dengan melakukan uji tes secara acak dan setiap pengambilan sampel agar langsung dites dengan whole genome sequencing yang dapat mendeteksi varian baru COVID-19 di Jateng.

Termasuk langkah antisipasi di bandara juga dilakukan dengan testing secara terus menerus.

Hasilnya, kata dia, untuk sementara ini tidak ditemukan virus varian baru di Jateng.

Keberadaan objek wisata selama libur Natal dan tahun baru nantinya, Pemprov Jateng akan melakukan pengontrolan jumlah pengunjungnya agar tidak terjadi kerumunan. Namun, ketika tidak bisa dikendalikan maka terpaksa akan diambil keputusan tegas dengan melakukan penutupan.
Baca juga: Ganjar minta pemerintah pusat selektif beri izin penambangan
Baca juga: Luhut: Pengembangan lima DPSP wujudkan pariwisata berkualitas
Baca juga: DEN dan Gubernur Jawa Tengah sepakat usung pengembangan EBT

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar