Belanda sebut 18 penumpang dari Afrika Selatan positif Omicron

Belanda sebut 18 penumpang dari Afrika Selatan positif Omicron

Behrad Mohseni asal Hoofddorp menjalani tes COVID-19 di Bandara Schipol, Amsterdam, setelah otoritas kesehatan Belanda mengatakan 61 orang yang tiba di Amsterdam dengan penerbangan dari Afrika Selatan terbukti positif COVID-19, 27 November 2021. (ANTARA/Reuters/as)

Den Haag (ANTARA) - Otoritas kesehatan Belanda pada Sabtu menyebutkan bahwa total penumpang di dua penerbangan asal Afrika Selatan pekan lalu yang terbukti positif COVID-19 Omicron berjumlah 18 orang.

Institut Kesehatan Belanda (RIVM) melalui pernyataan menambahkan bahwa penyelidikan terhadap penumpang di dua penerbangan kini telah selesai.

Kedua penerbangan itu lepas landas pada 26 November bersamaan dengan pemerintah Belanda menerapkan pembatasan perjalanan lanjutan karena khawatir dengan varian Omicron yang baru saja terdeteksi.

Baca juga: Belanda akan umumkan temuan kasus varian Omicron

Lebih dari 600 penumpang masih menjalani isolasi dan melakukan tes COVID-19. Sebanyak 61 penumpang dinyatakan positif, termasuk 18 orang yang didapati terinfeksi Omicron.

Mereka yang positif COVID-19 namun tidak bergejala akan diizinkan mengakhiri isolasi pada Sabtu, sementara yang lainnya harus diisolasi lebih lama, kata RIVM.

Otoritas tidak menyebutkan jumlah penumpang yang bakal terbebas dari isolasi.

Sumber: Reuters

Baca juga: Belanda sebut belasan penumpang yang terinfeksi Omicron telah divaksin
Baca juga: Polisi Belanda tangkap pasangan yang kabur dari karantina COVID

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Rentan terpapar COVID-19, jurnalis di Malang terima vaksinasi booster

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar