Bandara Soekarno-Hatta sebagai pintu masuk utama delegasi G20 menyiapkan airport handling dan hospitality dalam menyambut kedatangan delegasi
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola Bandara Soekarno-Hatta menyatakan siap menyambut delegasi G20 yang akan menghadiri rangkaian pertemuan G20 di Jakarta dan Bali.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan delegasi G20 dari berbagai negara akan mulai tiba pekan depan untuk menghadiri Pertemuan Sherpa Ke-1 Presidensi Indonesia G20 2022 di Jakarta pada 7-8 Desember.

“Bandara Soekarno-Hatta sebagai pintu masuk utama delegasi G20 menyiapkan airport handling dan hospitality dalam menyambut kedatangan delegasi. Sesuai arahan Presiden, kami akan menyambut para delegasi dengan penuh kegembiraan dan tangan terbuka,” kata Agus dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta turut mendukung kesuksesan Presidensi G20 Indonesia 2022 yang mengambil tema Recover Together, Recover Stronger.

Hal tersebut sejalan dengan pesan Presiden Joko Widodo bahwa bahwa Presidensi G20 merupakan sebuah kepercayaan dan kehormatan bagi Indonesia.

"Kami mempersiapkan sebaik-baiknya penanganan kedatangan delegasi di Bandara Soekarno-Hatta,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, para pemangku kepentingan Bandara Soekarno-Hatta, maskapai, ground handling, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Satgas Penanganan Covid-19 dan lainnya telah berkoordinasi guna memastikan kelancaran penanganan kedatangan delegasi G20 sesuai regulasi yang ada.

Bandara Soekarno-Hatta, lanjutnya, didukung Bank Indonesia menyediakan hospitality lounge di Terminal 3 bagi para delegasi G20.

“Fasilitas hospitality lounge yang terletak di area kedatangan internasional Terminal 3 guna memberikan asistensi terkait penanganan kebandarudaraan bagi para delegasi. AP II juga telah membentuk tim pendamping bagi delegasi yang baru tiba,” ujarnya.

Sementara itu, EGM of Airport Service Division AP II Anindita Galuh Wardhani mengatakan alur kedatangan delegasi G20 di Bandara Soekarno-Hatta memperhatikan regulasi yang ada.

Setelah mendarat, delegasi menuju hospitality lounge, lalu akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh serta pemantauan kesehatan oleh personel KKP Kementerian Kesehatan termasuk validasi dokumen kesehatan yakni surat vaksinasi, surat keterangan tes PCR dari negara asal, kepemilikan asuransi COVID-19, serta penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan eHAC.

"Para delegasi juga akan melakukan tes TCM/PCR di bandara,” kata Anindita.

Anindita menuturkan di hospitality lounge nantinya para delegasi yang baru tiba juga akan mengisi formulir di sistem HORE untuk pendataan digital ketibaan para delegasi.

“Melalui sistem HORE yang terintegrasi Aplikasi PeduliLindungi, delegasi yang tiba diharapkan dapat merasakan pelayanan terintegrasi dengan memastikan penerapan protokol kesehatan dan kemudahan layanan di Bandara Soekarno-Hatta,” jelasnya.

Adapun aplikasi mobile travelin milik AP II yang bisa diunduh di iOS dan Android juga akan dioptimalkan untuk mengkampanyekan G20 dan juga mendukung para delegasi dalam melakukan perjalanan ke Indonesia.

Aplikasi travelin menyediakan informasi mengenai penyelenggaraan Pertemuan G20 di Indonesia serta travel advisory di tengah pandemi Covid-19.

AP II berharap dengan kolaborasi bersama seluruh stakeholder dan kesiapan fasilitas, Bandara Soekarno-Hatta dapat menyambut kedatangan para delegasi dengan baik dan turut mendukung kesuksesan Presidensi G20 Indonesia 2022.


Baca juga: Sejumlah menteri tinjau kesiapan Bandara Ngurah Rai terkait KTT G20

Baca juga: Pengelola Jalan Tol Bali Mandara siap sambut KTT G20

Baca juga: Airlangga dorong Kadin manfaatkan momentum Presidensi G20

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021